Skandal Pengaturan Skor

Polisi Perpanjang Masa Mbah Putih dan 3 Oknum PSSI Tersangka Pengaturan Skor 40 Hari ke Depan

Polda Metro Jaya telah memperpanjang penahanan empat tersangka kasus dugaan pengaturan skor pada laga PSS Sleman melawan Madura FC di babak 8 besar

Polisi Perpanjang Masa Mbah Putih dan 3 Oknum PSSI Tersangka Pengaturan Skor 40 Hari ke Depan
TRIBUNJOGJA/AZKA RAMADHAN
Komisi Disiplin (Komdis) PSSI telah memutuskan untuk menonaktifkan salah satu anggotanya, Dwi Irianto atau yang akrab disapa Mbah Putih, setelah diduga tersandung skandal pengaturan skor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Masa penahanan Mbah Putih Cs, empat tersangka kasus dugaan pengaturan skor pada laga PSS Sleman melawan Madura FC di babak 8 besar Liga 2 2018 diperpanjang pihak kepolisian.

"Keempat tersangka sudah diajukan perpanjangan penahanan untuk 40 hari ke depan ke kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/1/2019).

Dilansir dari Kompas.com, Argo mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan dalam mengembangkan kasus ini. Keempat tersangka dilakukan pemberkasan masing-masing.

"Berkas 1 tersangka Anik dan Pri, berkas 2 tersangka Johar, berkas 3 tersangka DI alias Mbah Putih," kata Argo.

Dugaan pengaturan skor pada laga itu mencuat setelah manajer Madura FC, Januar Herwanto, berbicara di acara Mata Najwa edisi " PSSI Bisa Apa Jilid 1".

Kala itu, Januar menyebut ada keanehan pada laga timnya kontra PSS Sleman. Salah satunya yang disebut Januar sebagai "offside dua kilometer".

Baca: Terkait Pengaturan Skor, Satgas Anti Mafia Bola Kembali Panggil Sekjen PSSI Ratu Tisha

Baca: Mbah Putih dan Johar Lin Eng Ditangkap Satgas Mafia Bola, Begini Jawaban Sekjen PSSI Ratu Tisha

Satgas Antimafia Sepak Bola telah menetapkan empat tersangka untuk dugaan pengaturan skor laga PSS Sleman kontra Madura FC di babak 8 besar Liga 2 2018 dan Liga 3 pada musim 2018.

Para tersangka yakni Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Johar Lin Eng, mantan Komisi Wasit Priyanto beserta anaknya Anik Yuni, dan anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Irianto.

Johar Ling Eng, anggota Exco PSSI.
Johar Ling Eng, anggota Exco PSSI. (PSSI)

Mereka ditangkap sejak 24 Desember 2018 lalu.

Keempat tersangka dijerat dengan pasal tindak pidana penipuan atau suap dan pencucian uang, sebagaimana diatur Pasal 378 dan Pasal 372 KUH Pidana juncto Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Argo yang juga Ketua Satgas Antimafia Sepak Bola Polda Metro Jaya itu menjelaskan, awalnya polisi menerima laporan dugaan pengaturan skor dari LI, seorang manajer klub sepakbola asal Jawa Tengah.

Kepada polisi, LI mengaku dimintai sejumlah uang oleh dua orang bernama PY alias Priyanto dan YM alias Anik supaya klub yang dikelolanya dapat naik kasta dari Liga 3 ke Liga 2.

(Penulis : Nibras Nada Nailufar/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masa Penahanan 4 Oknum PSSI Tersangka Pengaturan Skor Diperpanjang"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved