KalselPedia

KalselPedia : Tugu Adipura Kota Banjarmasin, Monumen Hattrick Adipura Kota Seribu Sungai

Tugu Adipura Kota Banjarmasin adalah tugu yang dibangun untuk mengabadikan penghargaan Adipura yang diperoleh Kota Banjarmasin ketiga kali beruntun.

KalselPedia : Tugu Adipura Kota Banjarmasin, Monumen Hattrick Adipura Kota Seribu Sungai
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Tugu Adipura di Jalan Simpang Telawang-Lambung Mangkurat, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tugu Adipura Kota Banjarmasin adalah tugu yang dibangun untuk mengabadikan penghargaan Adipura yang diperoleh Kota Banjarmasin untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Tugu Adipura Kota Banjarmasin dibangun pada tahun 2017.

Piala Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Tugu Adipura Kota Banjarmasin terletak di Jalan Simpang Telawang, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan atau biasa disebut Simpang Tiga Lambung Mangkurat.

Penjabat Wali Kota HM Thamrin dan Hermansyah Kadis Pasar memperlihatkan Piala Adipura
Penjabat Wali Kota HM Thamrin dan Hermansyah Kadis Pasar memperlihatkan Piala Adipura (Humas Pemko Banjarmasin)

Lokasi dibangunnya Tugu Adipura Kota Banjarmasin berdekatan dengan Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dan tak jauh dari Sungai Martapura serta Pasar Sudimampir.

Pasar Sudimampir Kota Banjarmasin sendiri merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pembangunan Tugu Adipura Kota Banjarmasin dikerjakan saat era Wali Kota Banjarmasin dipegang Ibnu Sina dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muhyar dengan menggunakan dana dari APBD sebesar kurang lebih Rp 190 juta.

Piala Adipura Kota Banjarmasin diperlihatkan kepada masyarkat saat Hari Jadi Kota Banjarmasin.
Piala Adipura Kota Banjarmasin diperlihatkan kepada masyarkat saat Hari Jadi Kota Banjarmasin. (Dok/Humas Pemko Banjarmasin)

Kepala Dinas Lingkingan Hidup Mukhyar menyebutkan pembangunan Tugu Adipura menggunakan anggaran dengan dana APBD murni 2017.

Hattrick Adipura Kota Banjarmasin

Setelah 20 tahun berjuang, Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya berhasil kembali meraih Piala Adipura pada tahun 2015.

Halaman
12
Penulis: Rahmadhani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved