Skandal Pengaturan Skor

Sesmenpora Sebut Pemerintah Belum Perlu Bekukan PSSI Terkait Skandal Pengaturan Skor

Empat orang yang masuk dalam lingkup PSSI yang diduga terlibat skandal pengaturan skor di sepakbola Indonesia telah ditangkap Satgas Anti Mafia Bola.

Sesmenpora Sebut Pemerintah Belum Perlu Bekukan PSSI Terkait Skandal Pengaturan Skor
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto (kiri) dan Sekretaris Jenderal Inasgoc Eris Herryanto melakukan penyerahan Barang Milik Negara (BMN) yang dipakai saat Asian Games 2018 kepada sejumlah puluhan induk cabang olahraga, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Kamis (29/11/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Empat orang yang masuk dalam lingkup PSSI yang diduga terlibat skandal pengaturan skor di sepakbola Indonesia telah ditangkap Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto, berpendapat bahwa pemerintah belum perlu membekukan organisasi PSSI.

"Kami memandang tidak perlu membekukan PSSI. Karena sejauh ini kan tidak ada pelanggaran yang signifikan," ucap Gatot saat di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Gatot menuturkan, kondisi saat ini berbeda dengan ketika pemerintah membekukan PSSI pada 2005.

Baca: Polisi Perpanjang Masa Mbah Putih dan 3 Oknum PSSI Tersangka Pengaturan Skor 40 Hari ke Depan

Baca: Terkait Pengaturan Skor, Satgas Anti Mafia Bola Kembali Panggil Sekjen PSSI Ratu Tisha

Gatot menjelaskan, saat itu PSSI telah diberi peringatan untuk tidak mengikutsertakan Arema dan Persebaya pada Liga Indonesia (ISL), lantaran kedua tim tidak memenuhi syarat administrasi. Namun, peringatan itu tak digubris PSSI.

"Legalitasnya sebagai klub dan peserta kompetisi ternyata dilanggar. Akibatnya itu jadi pemicu pembekuan," ujar Gatot.

PSSI, kata Gatot, juga turut membantu Satgas Antimafia Bola yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, untuk mengusut dugaan pengaturan skor.

Untuk itu, lanjut Gatot, saat ini belum ada urgensi untuk membekukan kepada PSSI.

"Jadi kalau kali ini kami tidak ada urgensinya, tidak ada justifikasinya kalau kami harus buru-buru membekukan. Kami sudah menimbang plus-minusnya," tandas Gatot.

Baca: Satgas Anti Mafia Bola akan Periksa Vigit Waluyo untuk Bongkar Skandal Pengaturan Skor

Baca: Satu Exco PSSI dan 2 Orang Resmi Jadi Tersangka Skandal Pengaturan Skor, Ini Kata Edy Rahmayadi

Sejauh ini, sudah ada empat orang yang ditahan Satgas Antimafia Bola dalam kasus pengaturan skor.

Mereka adalah anggota Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, Johar Ling Eng, mantan anggota Komite Wasit PSSI, Priyanto beserta anaknya, Anik Yuni Sari, dan yang terbaru anggota Komisi Disiplin PSSI (nonaktif) Dwi Irianto alias Mbah Putih.

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com berjudul: Skandal Pengaturan Skor, Sesmenpora Angkat Bicara Menyoal Langkah Pemerintah Bekukan PSSI

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved