Martapura FC

Kisah Frans Sinatra Huwae Saat Jadi Anak Gawang, Pemain Hingga Termotivasi Jadi Pelatih

Kisah Frans Sinatra Huwae Saat Jadi Anak Gawang, Pemain Hingga Termotivasi Jadi Pelatih

Kisah Frans Sinatra Huwae Saat Jadi Anak Gawang, Pemain Hingga Termotivasi Jadi Pelatih
Banjarmasinpost.co.id/Rahmadhani
Pelatih Martapura FC, Frans Sinatra Huwae 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saat laga sepakbola kita biasa melihat sejumlah anak bertugas untuk mengambil dan memberikan bola kepada pemain jika bola keluar lapangan. Mereka adalah Ballboy atau anak gawang.

Berkarier sebagai mantan anak gawang juga dirasakan beberapa pemain Tanah Air salah satunya legenda hidup Barito Putera yang juga pelatih Martapura FC, Frans Sinatra Huwae.

Frans mengaku sebelum jadi pemain bola dia merupakan anak gawang tetap Liga Nusantara (Linus) pada 1979 lalu bertugas di setiap laga Linus di Stadion Merdeka Banjarmasin (kini menjadi masjid Raya Sabilal Muhtadin) dan stadion lambung Mangkurat Banjarmasin.

"Dua stadion itu merupakan kandang dari Persinus dan Peseban. Dulu belum ada liga liga, tim Banua ini paling top dulu," ujar eks jendral lapangan tengah Barito Putera dan kapten Timnas Pelajar Indonesia ini, Senin (7/1/2019) siang.

Baca: Penjelasan Vanessa Angel Saat Foto Tanpa Busana Beredar Usai Prostitusi Online di Surabaya

Baca: Jadwal Semifinal Piala Liga Inggris, Hotspur vs Chelsea dan Man City vs Burton Albion Live TVRI

Baca: Respons Ahmad Dhani Saat tahu Maia Estianty Jodohkan Dul Jaelani dengan Aaliyah Massaid

Baca: Live Fox Sport Asia! Jadwal Siaran Langsung Piala Asia 2019 Selasa (8/1) Malam Ini, Vietnam vs Irak

Baca: Jika Luna Maya dan Nafa Urbach Sindir Vanessa Angel Usai Prostitusi Online, Feby Febiola Justru Beda

Saat itu Frans terkenang dengan sejumlah pemain legenda yang pernah tampil sebagai pemain tim nasional Indonesia. Salah satunya saat klub Persebaya Surabaya bertandang ke Banjarmasin.

"Saya ingat bagaimana saat itu pemain seperti (alm) Waskito, (alm) Rusdi Bahalwan tampil luar biasa," kata Frans.

Kendati hanya sebagai anak gawang namun Frans bisa bangga menyaksikan langsung para legenda sepakbola itu tampil. Bahkan dia bisa bersalaman langsung.

"Dulu kan belum ada kamera atau apa jadi bersalaman saja," sebut dia.

Hal itulah juga membuat Frans termotivasi menjadi pemain. Sehingga Frans ngotot untuk masuk Diklat sepakbola menimba ilmu.

mantan pelatih kiper Martapura FC, almarhum Harianto (kanan) bersama pelatih kepala Martapura FC, Frans Sinatra Huwae dan asistennya, Isnan Ali
mantan pelatih kiper Martapura FC, almarhum Harianto (kanan) bersama pelatih kepala Martapura FC, Frans Sinatra Huwae dan asistennya, Isnan Ali (istimewa)

Ya, profesi Ballboy jangan dianggap remeh. Berawal dari bertugas di pinggir lapangan, dan memberi bola apabila dibutuhkan itulah beberapa pemain bintang sepakbola dunia tercipta.

Pemain top mendunia yang pernah merasakan menjadi anak gawang diantaranya Fabio Cannavaro bek tangguh asal Italia, Phillip Lahm pemain bertahan Jerman, Penyerang asal Inggris, Wayne Rooney, Kiper kawakan asal Jerman, Manuel Neuer dan Pep Guardiola kini pelatih yang sukses bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

(banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved