Berita Kabupaten Banjar

RSJ Sambang Lihum Bangun Taman Terapeutik, Berjalan Berlawanan Jarum Jam, Stress Seketika Sirna

Itulah Taman Terapeutik. Dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mencairkan kepenatan serta lelah letih pikiran serta kejiwaan.

RSJ Sambang Lihum Bangun Taman Terapeutik, Berjalan Berlawanan Jarum Jam, Stress Seketika Sirna
banjarmasinpost.co.id/idda royani
TERAPEUTIK - Inilah area Taman Terapeutik di lingkungan RSJ Sambang Lihum yang saat ini masih dalam pelengkapan fasilitas seperti taman penghijauan dan audio. Direncanakan Maret mendatang akan diresmikan dan dibuka untuk umum. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabar melegakan bagi Anda yang selama ini mudah mengalami stres. Silakan mengunjungi taman ciamik di lingkungan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Lingkar Utara, Gambut, Kabupaten Banjar.

Setelah mengitari taman itu berlawanan jarum jam, seketika stres pun sirna.

Itulah Taman Terapeutik. Dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mencairkan kepenatan serta lelah letih pikiran serta kejiwaan. Fasilitas ini dibangun di area halaman depan RSJ Sambang Lihum di atas lahan seluas sekitar 4.000 meter persegi. Pengerjaan bangunan fisiknya baru saja rampung pada pengujung 2018 lalu.

Desainnya unik berupa ruas jalan memutar yang berkontur melandai (menurun). Di bagian terbawah, jalur jalan tersebut membelah perairan mini sehingga pengunjung akan merasakan suasana dan romansa yang bena-benar berbeda.

Apalagi di berbagai penjuru area taman tersebut akan dilengkapi pepohonan dan dan rerumputan dalam sentuhan nilai estetika yang tinggi.

"Maret mendatang kami agendakan untuk dilaksanakan grand opening-nya. Saat ini masih tahap pelengkapan fasilitas seperti penghijauan dan audionya," ucap Direktur RSJ Sambang Lihum dr H IBG Dharma Putra MKM, Selasa (08/01/2019).

Baca: Respons Adik Billy, Uta Syahputra Usai Ditawari Pekerjaan Kriss Hatta: Gua Beli Pencucian Mobil

Baca: Rosehan NB: Ustadz Arifin Ilham Minta Doa Kepada Warga Banua untuk Kesembuhannya

Baca: Syahrini dan Reino Barack Sudah Lamaran? Teman Dekat Mantan Kekasih Luna Maya Buka Suara

Baca: Calon Istri Sule Akan Ungkap Jatidirinya, Cek Kriteria Calon Ibu Baru Rizky Febian dan Putri Delina

Ia menuturkan audio tersebut bagian penting dari keberadaan Taman Terapeutik guna memperkuat terapi sugesti yang ditebarkan kepada para pengunjung. Dari audio itu akan digemakan pesan-pesan spiritual (religi) dalam ritme dan lantunan suara yang merdu sehingga mampu meresap dan mengendap di dasar kalbu.

Tiap pengunjung yang datang ke taman itu, sebut Dharma, akan dipandu oleh petugas khusus untuk menapaki jalur memutar tersebut. Bergerak memutarnya berlawanan arah jarum jam. Melalui panorama sekitar yang menghijau dengan balutan wejangan religius melalui audio, pengunjung akan merasakan suasana hati yang rileks dan fresh sehingga keluar dari taman segala bentuk stres akan sirna.

Fasilitas itu kelak bakal kian 'memanjakan' para pasien, keluarga pasien maupun tamu RSJ Sambang Lihum. Pasalnya, Taman Terapeutik tersebut menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai, berekreasi sekaligus untuk menghilangkan kepenatan jiwa sehingga terhindar dari stres. Apalagi di bagian atas ada beberapa unit gazebo berukuran cukup besar yang begitu kondusif untuk bercengkerama serta menikmati panorama suasana sekitar.

Tak cuma itu, masyarakat umum pun juga bisa menikmati fasilitas tersebut. "Taman Terapeutik itu kami bangun untuk memberikan manfaat bagi semua. Jadi, nanti kami buka untuk umum sehingga masyarakat umum pun tentu juga bisa datang berkunjung serta memanfaatkan taman itu," tandas Dharma.

Bahkan harapannya kelak Taman Terapeutik tersebut akan menjelma menjadi tempat favorit bagi warga Banua untuk menghilangkan stres.

"Jadi, kalau sekadar untuk mengobati atau menghilangkan stres tak perlu mahal-mahal berobat. Cukup datang ke taman ini dan akan sembuh dan fresh kembali, murah meriah," ucapnya.

Beberapa warga ketika ditanya tentang taman tersebut, begitu antusias. "Waw, ada ya taman yang bisa menghilangkan stres. Keren banget. Semoga bisa cepat dibuka. Saya jadi penasaran banget," ucap Rahmani, warga Martapura.

Senada diutarakan Annisa. Remaja warga Martapura ini juga mengaku penasaran dan ingin segera mengunjungi Taman Terapeutik di RSJ Sambang Lihum. "Saya kira di RSJ itu hanya tempat penyembuhan bagi kalangan disabilitas mental. Gak nyangka kalau juga ada taman unik kayak gitu. Asyik juga kayaknya," akunya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved