Berita Banjarmasisn

Kepala KSOP Sebut Gelombang Laut Jawa Sudah Normal, Ingatkan, Januari Bakal Tinggi Lagi

Ungkapan itu disampaikannya usai melaksanakan gelar penutupan Pos Natal dan Tahun Baru atau Nataru, Rabu (9/1/2019) pagi.

Kepala KSOP Sebut Gelombang Laut Jawa Sudah Normal, Ingatkan, Januari Bakal Tinggi Lagi
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)Kelas 1 Banjarmasin, Bambang Gunawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Banjarmasin, Bambang Gunawan mengatakan, dalam empat hari terahir ini gelombang Laut Jawa sudah mulai normal.

Ungkapan itu disampaikannya usai melaksanakan gelar penutupan Pos Natal dan Tahun Baru atau Nataru, Rabu (9/1/2019) pagi.

Diakunya bahwa dalam dua minggu terahir ini gelombang Laut Jawa cukup tinggi, sehingga berdampak pada kapal-kapal lokal, seperti PLM dan KLM tak berani berlayar.

Dirinya sempat melarang KLM untuk berlayar, karena kapalnya kecil, dan ada beberapa kapal jenis roro, sempat mengalami keterlambatan akibat gelombang besar.

Baca: Viral di Tapin, Pencuri Bawa Dua Helm Jamaah Masjid Agung Humasa, Korbannya Hakim Pengadilan Agama

Baca: Sikap Presiden Jokowi Saat Menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Lihat Juga Ketika Anies Baswedan Jenguk

Baca: Respons Alvin Faiz Saat Ditanya Tak Posting Jokowi Jenguk Ustadz Arifin Ilham di Instagram

"Untuk beberapa hari ini, ketinggian gelombang sudah normal. Namun ke depannya, pada medio Januari, ketinggian gelombang meningkat,"ungkapnya.

Pasokan Ikan di TPI Sempat Kosong

Dampak tingginya gelombang laut, dalam beberapa hari terahir ini, mengakibatkan tak semua kapal nelayan yang sandar di Pelabuhan TPI Banjar Raya, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Akibatnya, pasokan ikan laut di TPI Banjar Raya  mengalami kekosongan, serta tingginya harga ikan laut. Bahkan, pada Kamis (3/1/2019) malam ada satu kapal nelayan yang sandar di pelabuhan tersebut.

Kepala Pelabuhan Perikanan atau TPI Banjarmasin, Rusdi Hartono yang ditemui di TPI Banjar Raya, Jumat (4/1/2019) mengatakan, tadi malam ada satu kapal nelayan yang sandar di TPI Banjar Raya, yakni KM Karya Rakat 08.

Kapal ini membawa sekitar 8 ton ikan tongkol dan sisanya membawa ikan lajang dari Jawa.

Ditambahkan Kasi Syahbandar Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Ahmad Triyanto bahwa kejadian seperti ini setiap tahun di bulan Desember.

"Kalau hari-hari biasa, kapal nelayan yang sandar setiap malam antara 5 sampai 6 kapal,"ungkapnya.

(banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved