Berita Kabupaten Banjar

Kontes Durian 2019 di Danau Tamiyang Kabupaten Banjar, Tiap Kecamatan Bawa Lima Varietas

Kalangan penyuka durian di Kabupaten Banjar dan sekitarnya bakal kembali bisa menikmati durian bercita rasa lezat khas Banjar.

Kontes Durian 2019 di Danau Tamiyang Kabupaten Banjar, Tiap Kecamatan Bawa Lima Varietas
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Rombongan KPU Kalsel menikmati buah durian lokal khas Banjar seusai melaksanakan sosialisasi kepemiluan di Kecamatan Karangintan, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kalangan penyuka durian di Kabupaten Banjar dan sekitarnya bakal kembali bisa menikmati durian bercita rasa lezat khas Banjar. Pemerintah kabupaten setempat dalam waktu dekat bakal menggelar kontes durian.

Seperti tahun sebelumnya, cakupan kontes itu se-Kabupaten Banjar. Pelaksanaannya diagendakan pada 22 Januari 2019 mendatang. Event tahunan ini akan dihelat di objek wisata Danau Tamiyang di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karangintan.

"Kontes durian akan kami jadikan sebagai event tahunan. Pelaksanaan kontesnya disesuaikan momen musim durian, " papar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikutura (TPH) Kabupaten Banjar Mochammad Fachry, Rabu (09/01/2019).

Pejabat eselon II di Bumi Barakat ini telah beberapa kali menggelar rapat persiapan pelaksanan kontes tersebut. Terkini, Rabu (08/01/2019) siang kemarin Fachry memimpin rapat persiapan sekaligus melakukan peninjauan lokasi kontes yakni di Danau Tamiyang.

Baca: Jangan Lupa Kontes Durian 22 Januari di Danau Tamiyang Mandikapau, Ingin Ikut, Ini Syaratnya

Baca: 22 Januari Kontes Durian di Danau Tamiyang Kabupaten Banjar, Ayo Jangan Lewatkan!

Baca: Sikap Presiden Jokowi Saat Menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Lihat Juga Ketika Anies Baswedan Jenguk

Ia mengatakan pihaknya juga telah menetapkan juri kontes. Mereka berasal dari para ahli yakni kalangan dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Selain itu juga dari Balai Pengawawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Banjarbaru.

Peserta kontes, jelasnya, mesti membawa durian yang berasal dari Kabupaten Banjar. Peserta utusan atau perwakilan tiap kecamatan cukup membawa lima jenis varietas unggulan guna mempermudah juri melakukan penilaian.

Variabel penilaian dilakukan terhadap beberapa hal. Mulai dari cita rasa buah duriannya, ukuran buahnya, ketebalan daging buah serta warna buah. "Durian yang nantinya menang kontes akan kami usulkan ke Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan asal Kabupaten Banjar. Juga akan diikutsertakan pada kontes durian tingkat provinsi Kalimantan Selatan," tandas Fachry.

Kades Mandikalau Barat Abdul Basith berharap ajang kontes durian tersebut kelak turut makin menggemakan eksistensiobjek Wisata Danau Tamiyang di desanya.

"Karena itu kami akan melakukan hal terbaik untuk menyambut para pengunjung yang nanti berkunjung ke Danau Tamiyang, " ucapnya.

Baca: Respons Alvin Faiz Saat Ditanya Tak Posting Jokowi Jenguk Ustadz Arifin Ilham di Instagram

Baca: Perhatian Ustadz Abdul Somad & Habib Rizieq untuk Ustadz Arifin Ilham, Sandiaga Uno Menjenguk

Baca: 31 Polisi Polda Kalsel Meninggal Dunia, Ini Penjelasan Kabid Dokkes Polda Kalsel

Pada kontes durian nanti jua akan menampilkan buah-buahan langka dan eksotik khas Banjar. Di antaranya buah kapul, ramania, dan buah bundar.
Tujuannya agar masyarakat bisa mengenal dan menikmati buah-buahan yang ada di Kabupaten Banjar yang kini kian sulit ditemukan.

Kontes Durian 2019
- Pelaksanaan tanggal 22 Januari
- Lokasi di objek wisata Danau Tamiyang
- Tiap peserta membawa buah durian dari lima jenis varietas
- Pemenang akan diikutkan mengikuti lomba serupa tingkat provinsi

Tambahan Kegiatan
- Pameran buah khas langka Banjar: kapul, ramania, bundar

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved