Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Wali Kota Banjarmasin Coba Fitur Smart Display Banjarmasin di Balai Kota

Di lobby Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata, nomor 1, Banjarmasin kini disediakan alat untuk akses pelayanan dan informasi Kota Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Di lobi Balai Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata, nomor 1, Banjarmasin kini disediakan alat untuk akses pelayanan dan informasi Kota Banjarmasin.

Alat itu disebut sebagai smart display. Smart display menampilkan sejumlah informasi dan bahkan menyediakan sistem pelayanan online yang ada di Banjarmasin. Di antaranya Lapor online, pembuatan perizinan, aplikasi Palui dan sejumlah aplikasi pelayanan lainnya.

Sistem operasi yang ditawarkan oleh benda tersebut, atau lebih akrab dikenal dengan papan informasi ialah berbasis android dan menggunakan layar sentuh. Sehingga nampak seperti smartphone dalam bentuk lebih besar dengan tinggi kurang lebih dua meter dan lebar layar 50 cm. hanya saja digunakan khusus untuk pelayanan dan informasi.

Saat berada di lobby Balai Kota Banjarmasin, Rabu (9/1/2019),Wali Kota Banjarmasin melihat keberadaan smart display. Ia lantas mendekat dan mencoba fitur yang tersedia pada tekhnologi tersebut.

Baca: Sikap Presiden Jokowi Saat Menjenguk Ustadz Arifin Ilham, Lihat Juga Ketika Anies Baswedan Jenguk

Baca: Ikuti Via Vallen, Nella Kharisma Cover Lagu Selow, Bandingkan Video Klipnya di Sini

Baca: Perhatian Ustadz Abdul Somad & Habib Rizieq untuk Ustadz Arifin Ilham, Sandiaga Uno Menjenguk

Ada sejumlah tampilan yang tersedia pada touch screen smart display. Sejumlah fitur tertera, mulai dari menu layanan, berita, video dan info agenda. Masing-masing menu memiliki tampilan yang berbeda.

Dari tombol menu pula, terutama layanan, pengguna bisa menikmati sejumlah akses. Bahkan akses CCTV yang terhubung secara online pada puluhan titik di Kota Banjarmasin.

Sebagaimana diketahui, keberadaan smart display merupakan satu tampilan yang berada di command centre. Karena command centre masih di rasa tertutup, Ibnu mengatakan adanya smart display di area terbuka lebih memudahkan orang yang ingin melihat atau menggunakannya.

Melalui smart display pula, tersedia fitur CCTV. Sehingga dari aplikasi tersebut, pengguna bisa melihat CCTV yang terkoneksi secara daring pada 32 titik di area Pemko Banjarmasin. Serta 18 titik pada ruang terbuka hijau di Banjarmasin.

Adanya CCTV dikatakan Ibnu bisa memantau aktifitas masyarakat di Kota Banjarmasin, terutama pada kawasan tertentu, yakni traffic light dan taman-taman. Ia sendiri telah memiliki akses pribadi untuk pemantauan tersebut.

Bahkan via smartphone yang dimilikinya, Ibnu bisa memantau sejumlah tempat pelayanan publik. Di antaranya kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin, serta sejumlah taman yang ada di kota seribu sungai tersebut.

"Jadi melalui CCTV, masyarakat bisa terpantau. Seperti CCTV yang ada di taman kamboja. Saya bisa melihat aktivitas pengunjung. Ke depan nantinya juga akan diberikan sound announcer sehingga bisa langsung memperingatkan pengunjung taman," ucap Ibnu.(banjarmasinpost.co.id /Isty Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved