Pilpres 2019

Polisi Tangkap Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019, Ini Identitasnya

Polisi Tangkap Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019, Ini Identitasnya

Polisi Tangkap Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Pilpres 2019, Ini Identitasnya
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Foto desain surat suara Pilpres 2019 yang diresmikan KPU 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Polisi akhirnya menangkap seorang pelaku pembuat rekaman hoaks adanya tujuh (7) kontainer yang mengangkut surat suara Pilpres 2019 dalam kondisi tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku pembuat hoaks 7 kontainer surat suara Pilpres 2019 berinisial B itu ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/1/2019).

"Ya (ditangkap) inisial tersangka atas nama B, ditangkap di Bekasi," ujar Dedi saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa sore.

Saat ini, B masih diperiksa di Direktorat Siber Bareskrim Polri. Dedi masih belum mau menjelaskan detail identitas serta motif B membuat hoaks tersebut.

"Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan," ujar Dedi.

Baca: Hasil Akhir Tottenham Hotspur vs Chelsea Leg Pertama Semifinal Carabao Cup, Gol Harry Kane!

Baca: Pengacara Artis Vanessa Anggel yang Diduga Terlibat Prostitusi Online Putuskan Mundur karena Hal Ini

Baca: Hasil Vietnam Vs Irak di Piala Asia 2019, Tendangan Bebas Adnan Bawa Irak Unggul Skor Akhir 2-3

Baca: VIDEO Detik-Detik Siswi SMK Baranangsiang Dibunuh, Pelaku Bertato Lari ke Atas Usai Tusuk Korban

Hoaks mengenai tujuh kontainer surat suara pemilu yang sudah tercoblos tersebar melalui sejumlah platform, seperti YouTube dan WhatsApp.

Hoaks itu berupa rekaman suara seorang lelaki yang menyatakan:

"Ini sekarang ada tujuh kontainer di Tanjung Priok sekarang lagi geger, mari sudah turun. Dibuka satu. Isinya kartu suara yang dicoblos nomor 1, dicoblos Jokowi. Itu kemungkinan dari Cina itu. Total katanya kalau 1 kontainer 10 juta, kalau ada 7 kontainer 70 juta suara dan dicoblos nomor 1. Tolong sampaikan ke akses, ke pak Darma kek atau ke pusat ini tak kirimkan nomor telepon orangku yang di sana untuk membimbing ke kontainer itu. Ya. Atau syukur ada akses ke Pak Djoko Santoso. Pasti marah kalau beliau ya langsung cek ke sana ya".

Setelah KPU dan Bawaslu melakukan pengecekan bersama pihak Bea Cukai, dipastikan bahwa informasi tujuh kontainer surat suara pemilu yang sudah tercoblos adalah hoaks.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Ditangkap di Bekasi"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved