Kriminalitas Tanahbumbu

Kronologi Pembobol Toko Andika Komputer di Plajau Tanahbumbu Diungkap Polisi

Kronologi Pembobol Toko Andika Komputer di Plajau Tanahbumbu Diungkap Polisi

Kronologi Pembobol Toko Andika Komputer di Plajau Tanahbumbu Diungkap Polisi
istimewa/ Dok Polres Tanahbumbu untuk BPost Group
Tiga dari empat orang tersangka pembobolan toko Andika Komputer di Jalan Transmigrasi Plajau Kecamatan Simpangempat Kabupaten Tanahbumbu, akhirnya diringkus. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Tiga dari empat orang tersangka pembobolan toko Andika Komputer di Jalan Transmigrasi Plajau Kecamatan Simpangempat Kabupaten Tanahbumbu, akhirnya diringkus.

Ketiga pelaku diringkus ditempat berbeda. Penangkapan terhadap pelaku dilakukan oleh tim gabungan Unit Jatanras Polres Tanah Bumbu, Resmob Polda Kalsel, Intelmob Polda Kalteng, Unit Jatanras Polres Palangkaraya dan Unit Jatanras Polres Tanah Laut, dan unit Jatanras Polres Banjar Baru.

Baca: Kesaksian Pasha Ungu Setelah Bertemu Ifan Seventeen Bersama Rizal Armada, Ifan Mencoba Tersenyum

Penangkapan pertama bertempat di jalan Mekar Sari pelaihari Kabupaten Tanahlaut dan penangkapan kedua di jalan Kasturi kota Banjarbaru, pada Kamis (10/1/19).

Tiga pelaku diringkus ditempat yang berbeda oleh tim yang semuanya adalah laki-laki. Sementara satu orang lagi masih DPO (Daftar Pencarian Orang) karena berpisah setelah melakukan pencurian di toko Andika Komputer pada Selasa (8/1/19) sekitar pukul 04.30 wita. Sekitar 20 unit laptopbraib dan pemiliknya mengalami kerugiaj sekitar 100 jutaan.

Baca: Daftar Alasan Bobotoh Tolak Manajemen Persib Bandung Rekrut Srdan Lopicic di Liga 1 2019

Setelah itu, jajaran reskrim Polres Tanbu langsung melakukan penyelidiakan dan berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian tersebut.

Mereka adalah Jariyo (35) warga Desa Alur Kecamatan Jorong Tanahlaut, Warsito (55) warga Margosari Desa Terasa Kecamatan Salaman Kabupten Magelang Jateng, Sarmuji (50) warga Jalan Mekar Sari Plaihari Tanahlaut dan Hanafi masih DPO.

Menurut Kapolres Tanahbumbu AKBP Kus Subiyantoro SIK melalui Kasat Reskrimnya AKP Alfian Tri Permadi SIK, membenarkan penangkapan tersebut. Kini pelaku sedang dalam perjalanan menuju Kabupaten Tanahbumbu.

Dia menjelaskan, pada Kamis (10/1/19) sekitar pukul 04.30 Wita di Jalan Mekarsari Plaihari Kabupten Tanahlaut, Unit Jatanras Polres Tanahbumbu bersama Resmob Polda Kalsel,Intelmob Polda Kalteng,Unit Jatanras Polres Palangkaraya dan Unit Jatanras Polres Tanahlaut telah berhasil mengamankan 2 orang tersangka.

"Setelah penangkapan itu, kami introgasi dan dari keterangan dua orang yang telah diamankan tersebut didapatkan keterangan bahwa pelaku tidak hanya mereka berdua saja tetapi masih ada temannya yang lain yaitu Jariyo dan Hanafi," katanya.

Setelah itu, tim kembali melakukan pengembangan dan sekitar pukul 16.30 wita, unit Jatanras Polres Tanahbumbu bersama Resmob Polda Kalsel ,Resmob Polda Kalteng dan unit Jatanras Polres Banjarbaru kembali melakukan penangkapan terhadap Jariyo di Jalan Kasturi Kota Banjarbaru.

Baca: Fakta-fakta Siswi SMPN 5 Banjabaru Diculik, Uang Tebusan Rp 150 Juta Hingga Korban Dilakban

"Satu tersangka lagi masih kami cari yakni Hanafi. Saat ini, tim masih melakukan pengejaran terkait keberadaan pelaku," katanya.

AKP Alfian juga menjelaskan, dua tersangkanatas nama Warsito dan Jariyo bersama barang bukti sarana yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatan yaitu 1 unit Mobil Inova warna silver masih dalam perjalanan dibawa menuju Polres Tanahbumbu untuk proses hukum lebih lanjut.

"Sementra untuk satu tetsangkablainnya yakni Sarmuji dibawa menuju wilayah Kalteng karena melakukan pencurian serupa di Kalteng. Mereka ini merupakan komplotan pencurian lintas provinsi," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

*BARANG BUKTI YANG DIAMANKAN*:
- 3(tiga) buah Laptop merk ACER tipe 423
- 1(satu) Buah Laptop merk Acer tipe A311
- 1(satu) Buah Laptop merk ACER tipe Z476
- 1(satu) Buah Laptop merk LENOVO tipe 330 A4
- 2(dua) Buah Laptop merk ASUS tipe X441BA A4
- 2(DUA) buah Laptop merk ASUS tipe X441BA A6
- 2(dua) Buah Laptop Merk ASUS tipe E203 2GB - 2(dua) Buah Laptop Merk ASUS tipe E203 4 GB
- 1(satu)Buah Kamera merk Canon tipe 300D
- 1(satu) Buah HT merk Alinto
- 1(satu) buah HT merk Icom
- 1(satu) Unit Mobil Kijang INNOVA DA 8135 AP yang digunakan sebagai Sarana Melakukan Aksi Kejahatan tersebut

Penulis: Man Hidayat
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved