KalselPedia

KalselPedia - Islamic Center Tabalong Miliki Masjid dengan Bentuk Kubah yang Unik

Islamic Center Tabalong adalah tempat kegiatan Islami seperti pembekalan bagi calon jemaah haji, peringatan hari besar keagamaan

KalselPedia - Islamic Center Tabalong Miliki Masjid dengan Bentuk Kubah yang Unik
banjarmasinpost.co.id/dony usaman
Miniatur kabah di Islamic Center Tabalong yang menjadi bagian fasilitas manasik haji dengan latar belakang bangunan rumah banjar atap bubungan tinggi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Islamic Center Tabalong adalah tempat kegiatan Islami seperti pembekalan bagi calon jemaah haji, peringatan hari besar keagamaan serta latihan manasik haji yang melibatkan anak-anak usia dini yang berada di Kabupaten Tabalong.

Kemegahan bangunan Islamic Center Tabalong yang berada di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong ini karena memiliki beberapa fasilitas yang tak ada duanya di Kabupaten Tabalong sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Bahkan saat ini dengan meminjam tempat di salah satu bangunan yang ada di sana, juga berlangsung perkuliahan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT).

Untuk bangunan masjidnya sendiri saat selesai dibangun, ditandai dengan syukuran yang digelar Kamis 9 Agustus 2012 dengan dihadiri ratusan jemaah.

Baca: KalselPedia - Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin Beri Layanan Kesehatan, Juga Dukung Tugas Polisi

Baca: KalselPedia - Buah Ramania, Si Asam yang Nikmat untuk Rujak dan Pengganti Asam Jawa

Baca: Kalselpedia : Patung Ikan Kelabau Merupakan Ikon Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Islamic Center Tabalong yang berada di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalon
Islamic Center Tabalong yang berada di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalon (banjarmasinpost.co.id/dony usaman)

Syukuran dikemas dalam acara buka puasa bersama Gubernur Kalsel yang saat itu masih dijabat, Rudy Arifin, Pemkab Tabalong, PT Adaro Indonesia dan masyarakat

Sementara dari pihak PT Adaro Indonesia sendiri langsung dihadiri President Director PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir.

Secara keseluruhan fasilitas yang ada dalam Islamic Center adalah masjid utama yang diberi nama Al Abrar dengan kapasitas lebih dari 2500 jamaah.

Masjid Al Abrar di kawasan Islamic center Tabalong.
Masjid Al Abrar di kawasan Islamic center Tabalong. (banjarmasinpost.co.id/dony usaman)

Masjid ini bangunannya sangat menarik, bukan hanya karena keindahan arsitektur dan tatacahaya lampunya saat malam hari, tetapi ada satu bagian yang sangat jarang dilihat di masjid lainnya.

Bentuk yang menjadi ciri khas itu adalah bagian kubah masjid. Dimana berbeda dengan masjid pada umumnya, Masjid Albrar Islamic Center Tabalong menggunakan kubah dengan posisi terbalik.

Selain bentuk kubah yang unik, di dalam masjid pun terdapat keindahan lainnya berupa kaligrafi yang diletakan di berapa tempat.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved