Berita Banjarmasin

TPA Regional Banjarbakula Belum Bisa Beroperasi, Ini Penjelasan Dinas PUPR Kalsel

TPA Regional Banjarbakula Belum Bisa Beroperasi, Ini Penjelasan Dinas PUPR Kalsel

TPA Regional Banjarbakula Belum Bisa Beroperasi, Ini Penjelasan Dinas PUPR Kalsel
ho/humas pemko banjarbaru
Peninjauan TPA regional Banjarbakula oleh jajaran Dishub Pemko Banjarbaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Memasuki Bulan Januari 2019, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula belum juga dapat dioperasikan.

Padahal sebelumnya, TPA ini direncanakan akan mulai menampung kiriman sampah dari area Banjarbakula yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Baritokuala dan Tanah Laut di awal Tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ikhlas Indar menjelaskan, hal ini disebabkan karena belum adanya proses serah terima dari pihak ketiga kepada Direktorat Jendral (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Padahal bagi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, untuk bisa mengoperasikan TPA ini harus menunggu penyerahan dari Kementrian PUPR kepada Pemerintah Provinsi Kalsel.

Baca: Tarif Melaney Ricardo Lebih Tinggi dari Vanessa Angel, Jika Ikut Prostitusi Online Versi Robby Abbas

Baca: Jelang Debat Capres Pilpres 2019, KPU Tolak Perubahan Visi Misi Prabowo-Sandiaga Uno

Baca: Syahrini Pamer Foto Main Ski Bareng Cowok di Pegunungan Alpen, Mantan Luna Maya, Reino Barack?

"Mungkin saat ini sedang proses, jadi dari pihak ketiga ke Kementrian, dari Kementrian ke Pemprov baru bisa operasional," kata Ikhlas, Jumat (11/1/2019).

Padahal menurut Ikhlas, pihaknya sudah siap untuk mulai lakukan operasional TPA Regional Banjarbakula, begitu juga dengan komitmen dari lima Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Kota yang terlibat.

"Kalau kita sudah siap sebenarnya operasikan, dari Banjarbaru juga malah sudah menanyakan kapan bisa operasional," kata Ikhlas.

Pihaknya juga sudah membentuk Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) tersendiri untuk pengelolaan TPA Regional Banjarbakula yang berlokasi di Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru ini.

Namun diakuinya dari sisi teknis masih ada beberapa hal yang belum bisa maksimalkan kinerja TPA jika dioperasionalkan saat ini, diantaranya belum tersedianya ekskavator.

"Untuk Ekskavator sebenarnya nanti satu paket dalam proyek ini, tapi belum diserahkan. Update terakhir akan segera dikirim oleh Kementrian PUPR," kata Ikhlas.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved