Berita Tapin

Viral Temuan Piring Kuno di Gunung Piani, Kapolsek dan Kabid Kebudayaan Kalsel Beda Argumen

Viral di media sosial temuan sejumlah barang antik berbentuk piring kuno oleh petani di Gunung Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin ternyata tidak HOAX

Viral Temuan Piring Kuno di Gunung Piani, Kapolsek dan Kabid Kebudayaan Kalsel Beda Argumen
Sceenshot Facebook
Sceenshot Facebook temuan barang antik jenis piring kuno 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Viral di media sosial temuan sejumlah barang antik berbentuk piring kuno oleh petani di Gunung Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin ternyata tidak HOAX alias benar.

Kabid Pembinaan Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Akhmad Subakti, SPd, menanggapi temuan tersebut, benar adanya.

Menurutnya, temuan itu adalah barang antik tapi tidak langka, karena barang tersebut sudah ada di pasaran.

"Mungkin pada saat dulu barang tersebut di produksi secara massal dan sudah ada yang pernah menemukan sehingga barang tersebut juga sudah ada di Museum Lambung Mangkurat. Untuk lebih jelas, peminat barang antik piring bisa berkunjung ke Museum Lambung Mangkurat," ajaknya.

Baca: Bermalam di Hutan Belantara, Ditemani Penampakan Bayangan Besar di Atas Tenda

Baca: Pagi Ini Wanita Tergemuk Kalteng Berbobot 350 Kg Dievakuasi ke Rumah Sakit, Cara Evakuasinya?

Baca: Terungkap Jet yang Dipakai Ustadz Arifin Ilham ke Malaysia Milik Orang Bernama Hamba Allah

Sementara itu Kapolsek Piani, Iptu HM Harahap dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (11/1/2019) mengaku justru tidak mendengar ada kehebohan di wilayah hukumnya, terkait temuan piring Kuno yang disebut barang antik asal Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, jika benar ada penemuan piring antik itu, para kepala desa di wilayah Kecamatan Pian pasti berkoordinasi dan memberitahukan.

"Pasti heboh kalau ada temuan barang antik. Kemarin ketemu kepala desa juga tidak ada berbicara soal temuan barang antik. Segera saya cek dengan kepala desa lainnya," janji Iptu HM Harahap.

 (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved