Kriminalitas Kotabaru

APK Caleg Gerindra dan PAN Dirusak, Gerindra Minta Bawaslu dan Kepolisian Profesional Ungkap Pelaku

Pengrusakan sejumlah alat peraga kampanye (APK) terjadi. Sedikitnya ada sekitar tujuh APK caleg baik DPRD kabupaten dan provinsi diduga sengaja

APK Caleg Gerindra dan PAN Dirusak, Gerindra Minta Bawaslu dan Kepolisian Profesional Ungkap Pelaku
Partai Gerindra
APK salah satu caleg partai Gerindra yang dirusak, selain beberapa APK lainnya terjadi di jalan Raya Berangas, Desa Sigam, Kecamatan Pulaulaut Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Pengrusakan sejumlah alat peraga kampanye (APK) terjadi. Sedikitnya ada sekitar tujuh APK caleg baik DPRD kabupaten dan provinsi diduga sengaja dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Pengrusakan sejumlah APK di jalan Raya Stagen, desa Sigam, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru. Anehnya, hanya terjadi pada caleg partai Gerindra, selain caleg PAN.

Pelaku diduga melakukan pengrusakan, selain merobek APK bergambar masing-masing caleg. Namun juga merusak bagian APK yang terdapat gambar pasangan calon presiden dari nomor urut 02.

Alamaturadiah, salah satu caleg Gerindra membenarkan, terjadi pengrusakan APK miliknya selain beberapa caleg lainnya dari partai tersebut.

Baca: Kronologi Penangkapan Perampasan Mobil Grab, Ternyata Pelaku Gunakan Kunci Pas Cekik Leher Korban

Baca: Unit Ranmor Polda Sikat Pelaku Perampas Mobil Driver Online Grab, Melawan Satu Didor

Baca: KalselPedia - Puas Main Air di Banjarbaru, Ini Lima Lokasi Kolam Renang Paling Hits Kota Idaman

Menurut Alamaturadiah, pihaknya sudah melaporkan pengrusakan APK tersebut ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak kepolisian.

"Jadi masih menunggu hasil laporan. Laporan langsung partai, ya kolektif. Dan, paling parah dirusak APK punyaku dan pak Rustam," kata Alamaturadiah dihubungi telepon genggamnya kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (13/1/2019).

Alamaturadiah meminta kepolisian dan bawaslu bisa lebih profesional mencari dan menangkap pelaku, kemudian menindak sesuai aturan Undang-Undang pemilu.

"Bagaimanapun itu sangat merugikan kami baik secara partai maupun pribadi," ucap Alamaturadiah.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan mengakui, adanya pengrusakan terhadap APK milik caleg DPRD kabupaten dan provinsi.

Menurut Erfan, pihaknya telah melakukan investigasi terkait pengrusakan APK. "Indikasinya adalah masif, karena milik caleg Gerinda, PAN, PKS.

Erfan menegaskan, pihaknya tidak membiarkan pengrusakan terjadi, dengan telah melakukan penelusuran dan investigasi sambil berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

"Ini dianggap informasi awal, karena ini masif," pungkas Erfan.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved