Bumi Antaluddin

Bupati dan Wakil Bupati HSS Hadiri Peringatan Hari Jadi Kecamatan Padang Batung

Bupati dan Wakil Bupati HSS Hadiri Peringatan Hari Jadi Kecamatan Padang Batung

Bupati dan Wakil Bupati HSS Hadiri Peringatan Hari Jadi Kecamatan Padang Batung
istimewa/ humas Pemkab HSS
Peringatan hari jadi ke 68 Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlangsung meriah dan bermakna. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Peringatan hari jadi ke 68 Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berlangsung meriah dan bermakna.

Nasi samin menjadi menu utama yang terhidang saat peringatan Hari Jadi ke 68 Kecamatan Padang Batung. Para tamu undangan juga disuguhi dengan kue-kue tradisional, buah-buahan lokal, serta dihibur dengan pentas seni tradisional.

Peringatan Hari Jadi ke 68 Kecamatan Padang Batung ini digelar Kamis (10/1) di Halaman Kantor Kecamatan Padang Batung. Pada kegiatan ini dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad serta para pejabat lainnya.

Peringatan ini juga menampilkan sesuatu yang berbeda dan terinspirasi dari beberapa objek wisata di Kecamatan Padang Batung. Objek wisata berupa gua-gua bersejarah, direfleksikan pada dekorasi panggung untuk peringatan Hari Jadi ke 68 Kecamatan Padang Batung.

Camat Padang Batung H Akhmad Suriani secara singkat menceritakan awal mula pemberian nama Kecamatan Padang Batung.

“Nama “Padang Batung” berasal dari nama salah satu jenis tanaman bambu, “Batung,” yang dulu banyak tumbuh di wilayah ini. Tapi saat ini tanaman tersebut sudah jarang ditemui dan hampir punah,” katanya.

Foto bersama di Hari jadi kec Padang Batung
Foto bersama di Hari jadi kec Padang Batung (istimewa/ humas Pemkab HSS)

Padang Batung dulunya merupakan dua wilayah, yaitu Padang Batung dan Loksado, kemudian Loksado memisahkan diri.

Kecamatan Padang Batung merupakan basis pejuang, hal ini terlihat dari beberapa bukti bersejarah. Diantaranya, Benteng Madang, Rumah Perjuangan Durian Rabung, dan Monumen 17 Mei di Desa Mandapai.

Diharapkan, bukti-bukti sejarah tersebut bisa menjadi penyemangat, khususnya bagi warga Padang Batung untuk terus membangun HSS.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan Pemerintah Kabupaten HSS memberikan kado bagi Kecamatan Padang Batung. Kado tersebut berupa program pembangunan yang akan segera dilaksanakan pada tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved