Ekonomi dan Bisnis

Harga Tiket Banjarmasin - Jakarta Paling Murah Rp 1 Jutaan, Naik 100 Persen

Sekarang ini harga tiket pesawat terbang tujuan domestik hampir semuanya naik hingga 100 persen dibanding biasanya

Harga Tiket Banjarmasin - Jakarta Paling Murah Rp 1 Jutaan, Naik 100 Persen
Banjarmasinpost.co.id/muhammad maulana
Petugas Tiketing PT Lintas Barito Express, Mona. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sekarang ini harga tiket pesawat terbang tujuan domestik hampir semuanya naik hingga 100 persen dibanding biasanya, termasuk tujuan dari Banjarmasin ke kota lainnya di Indonesia.

Seperti halnya pantauan wartawan Banjarmasinpost.co.id, di aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket secara daring, pada bulan ini dari Banjarmasin tujuan Jakarta harga terendah Rp 1.133.000 dengan maskapai Lion Air.

Begitu juga sebaliknya dari Jakarta dan Kota Banjarmasin yang terendah Rp 1.148.000, padahal harga biasanya hanya berkisar Rp 500 ribu.

Sedangkan Banjarmasin tujuan Surabaya pada bulan ini berkisar Rp 825 ribu padahal harga normal biasanya berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu.

Baca: KaltengPedia - Kota Kuala Kapuas Terus Dipercantik dengan Sejumlah Taman Kota

Baca: Penculik Siswi SMPN 5 Banjarbaru Didor Petugas, Mengejutkan Ternyata Ini Sosok Pelakunya

Baca: Respons Nikita Mirzani Atas Sindiran Kakak Dipo Latief, Nama Calon Bayi Ikuti Keluarga Abdul Latief

Sementara itu menurut data Petugas Tiketing PT Lintas Barito Express, Mona, menyampaikan untuk Banjarmasin - Jakarta Rp 1.100.000 menggunakan Lion Air, Citilink Rp 1.200.000, dan Garuda Rp 1.900.000.

"Hampir semua maskapai, tarifnya meningkat dua kali lipat dibanding biasanya. Kalau biasa hanya sekitar Rp 500 ribuan," sebutnya.

Menurutnya kenaikan ini dirasakan sudah dimulai sejak Oktober 2018. "Dari Oktober sudah mulai naik, tapi sempat sekitar dua hari harga kembali normal, tapi saat ini kembali naik," ujarnya.

Akibat kenaikan harga tiket ini ia nilai cukup mempengaruhi penurunan penjualan tiket. "Paling dari segmen pemerintahan atau kantoran yang membeli, kalau keperluan liburan atau yang tidak terlalu penting mereka tidak beli," tuturnya.

Sementara yang diberitakan Serambinews.com, fenomena di Aceh mulai menghebohkan sejak ramainya perbandingan harga tiket penerbangan domestik Banda Aceh - Medan - Jakarta atau Banda Aceh langsung ke Jakarta), dengan penerbangan melalui jalur internasional (Banda Aceh - Kuala Lumpur - Jakarta).

Harga tiket domestik Banda Aceh tujuan Jakarta mencapai Rp 3 juta, sementara harga tiket Banda Aceh tujuan Jakarta melalui Kuala Lumpur, tidak sampai Rp 1 juta.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Maulana)

Penulis: M Maulana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved