Melihat Kerajinan Kayu Fukah

Ini Rahasia Kayu Fukah, Salah Satunya Bisa Menangkal Penyakit, MUI: Perlu Penelitian

Kayu fukah dipercaya sebagian orang selain untuk perhiasan juga sebagai menangkal berbagai penyakit. Bahkan, di kalangan masyarakat Banjar

Ini Rahasia Kayu Fukah, Salah Satunya Bisa Menangkal Penyakit, MUI: Perlu Penelitian
kolase MUI Banjar/hasby
Ketua Fatwa MUI Kabupaten Banjar, Prof HA Fahmi Al Amruzi dan kayu fukah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kayu fukah dipercaya sebagian orang selain untuk perhiasan juga sebagai menangkal berbagai penyakit. Bahkan, di kalangan masyarakat Banjar, kayu fukah sudah biasa digunakan untuk berbagai keperluan.

Ketua Fatwa MUI Kabupaten Banjar Prof HA Fahmi Al Amruzi mengatakan, setiap ciptaan Allah SWT dimuka bumi pasti ada rahasia-rahasia yang terkandung di dalamnya.

Dia menjelaskan, kalau memang ada anggapan atau kepercayaan bahwa kayu fukah bisa menangkal berbagai penyakit maka harus lebih dulu dibuktikan dengan penelitian oleh ahli. Selanjutnya yang ahli menangani atau yang meneliti itulah menyampaikan manfaat atau khasiat kayu fukah.

“Sebagai hamba Allah harus menyadari dan memahami bahwa segala sesuatu di mukai bumi, ciptaan Allah Swt tentulah ada manfaatnya,” katanya, Minggu (13/1).

Baca: Begini Proses Pembuatan Gelang dan Tasbih Fukaha, Zaki: Hasil Tergantung Tingkat Kerumitannya

Baca: Belajar dari Kaluarga dan Teman, Hingga Akhirnya Bisa Beli Bahan Baku dari Mesir

Baca: Datang Pesanan dari Mekkah, Nilainya Cukup Fantastis Hingga Ratusan Juta Rupiah

Dicontohkannya, sama halnya dengan kayu siwak yang mana kegunaannya untuk membersihkan gigi dan mulut maka itu sebuah kelebihan sewaktu zaman Rasulullah SAW. Hingga kini siwak seringkali digunakan sebelum salat fardhu, bagian dari Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tetapi ketika ada anggapan atau kepercayaan bisa menolak bala, maka tentulah tidak dibenarkan. Tidak boleh berdoa menolak bala kepada kayu fukah, melainkan perbanyaklah doa kepada Allah SWT.

Martapura Kabupaten Banjar terkenal sebagai pusat kerajinan permata bahkan didunia, kini juga mulai dikenal sebagai penghasil kerajinan kayu fukah. Hasil kerajinan berbentuk mulai gelang, tasbih, cincin, kalung dan gantungan kunci.

Toko-toko permata di Martapura kini hampir tidak melewatkan menjual kerajinan kayu fukah tersebut. Pusat penjualan perhiasan permata di Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura kini juga banyak menjual kerajinan kayu fukah.(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved