Berita Banjarbaru

Meski Hari Libur Pelayanan Paspor Tetap Digelar, Pemohon di Kanim Banjarmasin Ternyata Membludak

Meski Hari Libur Pelayanan Paspor Tetap Digelar, Pemohon di Kanim Banjarmasin Ternyata Membludak

Meski Hari Libur Pelayanan Paspor Tetap Digelar, Pemohon di Kanim Banjarmasin Ternyata Membludak
istimewa/ Dok Imigrasi Banjarmasin untuk BPost Group
SIBUK dan ramah, seorang petugas tetap melayani permohonan paspor di Kantor Imigrasi Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menuju puncak Hari Bakti ke-69 Imigrasi pada 26 Januari 2019, rangkaian kegiatan jajaran keimigrasian seluruh Indonesia melakukan kegiatan Pelayanan Paspor Simpatik yaitu pelayanan permohonan paspor yang dilakukan pada hari libur.

Pelayanan ini telah dilakukan pada setiap hari Sabtu sejak tanggal 29 Januari 2018 yang lalu dan sampai tanggal 19 Januari 2019 yang akan datang.

“Di Kalimantan Selatan, pelayan paspor pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 dilaksanakan di Kantor Imigrasi (Kanim) Banjarmasin, Kanim Batulicin dan Unit Layanan Paspor (ULP) Kanim Banjarmasin di Barabai. Para pemohon sangat antusias dan banyak yang datang antri mulai pkl.07.00wita karena kepada mereka tidak diwajibkan untuk antri secara online melainkan antrian secara manual dan kuotanya dibatasi," ucap Dodi Karnida Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan, Minggu (13/1/2019).

Didampingi Gusturmudi Kepala Bidang Lalulintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan dan Kakanim Banjarmasin Syahrifullah mereka mengawasi langsung Pelayanan Paspor Simpatik di Kanim Banjarmasin.

Baca: Jenderal Gatot Nurmantyo Marah? Penjelasan Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019

Baca: Hilda Vitria Rindukan Kriss Hatta dan Bakal Campakkan Billy Syahputra dalam Ramalan Mbah Mijan

Baca: Video Pemain Sepak Bola Disambar Petir di Tuban, Polisi Ungkap Fakta-fakta Ini

Lebih lanjut Dodi menyampaikan bahwa pada hari Sabtu, 12 Januari kemarin di Kalimantan Selatan telah dikeluarkan sebanyak 139 paspor masing-masing bagi pemohon laki-laki = 70 orang dan 69 orang perempuan.

Adapun rinciannya adalah dari Kanim Banjarmasin sebanyak 83 paspor (dari kuota sebanyak 80 ), Kanim Batulicin 37 paspor dan ULP Barabai 19 paspor.

Di Kanim Banjarmasin sendiri, Syahrifullah menyatakan bahwa dirinya terjun langsung mengendalikan pelayanan termasuk membatasi jumlah pemohon, karena kalu tidak dibatasi maka pemohon mengalir terus.

"Kami memiliki kuota 50 dan dinaikkan menjadi 80 tetapi nyatanya setelah pukul.10.00 antrian kita tutup, terdapat sebanyak 83 pemohon yang kita layani sampai tuntas. Oleh karena kami melihat masih banyak antusiasme masyarakat untuk memohon paspor pada hari libur, maka saya perintahkan di Kanim Banjarmasin untuk membuka pelayanan pada hari Minggu ini dan saya langsung berangkat ke Barabai untuk mengawasai pelayanan di ULP Barabai pada hari Minggu," katanya.

Baca: 5 Fakta & Jadwal Debat Capres Cawapres Pilpres 2019, Jokowi-Maruf & Prabowo-Sandiaga Siap?

Baca: 492 Orang Gila di Kalteng Punya Hak Pilih, KPU : Orang Gila Boleh Memilih Jika Ada Surat Dokter

Sementara itu Kepala Seksi Perizinan Kanim Batulicin Dody Cindur Mato melaporkan kepada Dodi bahwa kuota di Batulicin sebanyak 32 orang untuk Calon Jamaah Haji dan 25 orang untuk umum, ternyata yang memohon hanya sebanyak 37 orang.

“Khusus untuk pelayanan paspor hari libur yang dilaksanakan oleh Kanim Banjarmasin nampaknya akan terus berlangsung karena setelah masa Pelayanan Paspor Simpatik ini selesai, mulai bulan Februari nanti Kanim Banjarmasin akan melayani khusus Calon Jamaah Haji pada hari libur Sabtu dan Minggu. Sedangkan di Kanim Batulicin pelayanan bagi CJH dilaksanakan pada hari kerja biasa karena jumlahnya relatif sedikit," ucap Dodi.

(banjarmasinpost.co.id/ nia kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved