Berita Kabupaten Banjar

Kabupaten Banjar Raih Adipura Tujuh Kali, Diserahkan Langsung Wapres Jusuf Kalla

Kabupaten Banjar kembali berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2018. Penghargaan dibidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan

Kabupaten Banjar Raih Adipura Tujuh Kali, Diserahkan Langsung Wapres Jusuf Kalla
Humas Pemkab Banjar
Wapres Jusuf Kalla Menyerahkan Piala Adipura kepada Bupati Banjar, H Khalilurrahman 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabupaten Banjar kembali berhasil meraih penghargaan Adipura Tahun 2018. Penghargaan dibidang pengelolaan lingkungan dan kebersihan ini merupakan yang ketujuh kali diterima secara berturut-turut.

Wakil Presiden HM Jusuf Kalla beserta Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyeragkan piala Adipura di Auditorium Wahana Manggala Bhakti, Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta Senin (14/1/2019).

Siti Nurbaya Bakar menyebutkan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adipura untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh.

Periode 2017-2018 ini anugerah Adipura diberikan kepada 369 kabupaten dan kota yang dinilai dari 512 kabupaten dan kota. Satu Kota Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat, lima Plakat Adipura, 11 Penghargaan Inovasi Pembatasan Kantong Plastik.

Baca: Adu Cantik Irish Bella dan Ranty Maria, Satu yang Dilamar Ammar Zoni, Satunya sang Mantan

Baca: Live Streaming BWF & Jadwal Malaysia Masters 2019, Marcus/Kevin & Ahsan/Hendra Main

Baca: APK Banyak Melanggar Bawaslu Banjar Dinilai Tutup Mata, Syahrial Fitri: Kami Kerja Sudah Maksimal

Ada pula Nirwasita Tantra Award Green Leadership 2018 untuk tiga gubernur, tiga bupati dan tiga walikota Ketua DPRD. Kabupaten Banjar sebagai salah satu peraih Adipura untuk kategori kota kecil.

"Program Adipura merupakan salah satu instren pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan dan implementasi kebijakan penghijauan, " ujarnya.

Dikatakan, salah satu kriteria penilaian anugerah Adipura adalah implementasi amanat UU nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025 serta mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu ke hilir.

Bupati Banjar H Khalilurrahman usai menerima anugerah Adipura 2018 menyatakan syukur atas penghargaan tersebut. Dia juga menyatakan bangga pada warga Kabupaten Banjar yang mendukung upaya pemerintah menjaga lingkungan.

Menurutnya penghargaan Adipura yang diperoleh Kabupaten Banjar ini merupakan peran seluruh komponen, baik pemerintah swasta maupun masyarakat.

"Alhamdulillah kita kembali memperoleh anugerah Adipura untuk ketujuh kalinya. Semua berkat upaya kita semua," ujar bupati yang didampingi Ketua TP PKK Banjar Hj Raudathul Wardiyah, Sekda Banjar H Nasrunsyah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boyke Tirstianto, Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian HM Farid Soufian, Kadis Kesehatan Ikhwansyah serta sejumlah kepala dinas lainnya.

Sekda Banjar H Nasrunsyah menambahkan, penghargaan Adipura yang ketujuh kalinya ini patut disyukuri.

Sedangkan Kadis Lingkungan Hidup Boyke Tristianto menyatakan, kekompakan seluruh SKPD dan masyarakat dalam memelihara lingkungan berperan dalam keberhasilan memperoleh anugerah Adipura.

"Tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup, namun juga dinas lainnya, termasuk kecanatan, desa bahkan masyarakat turut andil dalam keberhasilan ini," tambah Boyke.

Rencanya, piala Adipura akan diarak mengelilingi Kota Martapura bersama dengan para petugas kebersihan, pada Kamis (17/1). Start mulai Stadion Demang Lehman dan finish di Alun-Alun Cahaya Bumi Selamat. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved