Berita Kabupaten Banjar

Pascakunjungan Tim 'Kopi' Uniska, Begini Perasaan Warga Tiwinganbaru

Apalagi hanya pada rentang waktu sekitar setengah bulan, telah dua kali Tim 'Kopi' Uniska tersebut bertandang ke Tiwinganbaru guna memberi edukasi.

Pascakunjungan Tim 'Kopi' Uniska, Begini Perasaan Warga Tiwinganbaru
Rahmad Novliardi untuk Banjarmasinpost.co.id
OLAH KOPI - Rakhmat Nopliardi dari Tim 'Kopi' Unisma memberi contoh pengolahan kopi sekaligus membandingkan cita rasa antara kopi Aranio dengan kopi dari darerah lain di BUMDes Tiwinganbaru, Sabtu (12/01/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tingginya atensi Tim UPT Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Albanjary, Banjarmasin, terhadap usaha pengolahan kopi benar-benar melegakan warga Desa Tiwinganbaru, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

Apalagi hanya pada rentang waktu sekitar setengah bulan, telah dua kali Tim 'Kopi' Uniska tersebut bertandang ke Tiwinganbaru guna memberi edukasi dan membantu warga setempat memgembangkan usaha pengolahan kopi.

Usaha baru ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera.

Pertama, Tim Kopi Uniska berinteraksi dengan warga Tiwinganbaru pada 25 Desember 2018 lalu. Kemudian kunjungan kedua pada Sabtu (12/01/2019) pekan tadi.

Baca: Respons Mantan Ammar Zoni dan Irish Bella Usai Lamaran Romantis, Ranty Maria dan Giorgino Abraham

Baca: BREAKING NEWS - Tiga Orang Tewas dalam Kebakaran di Hambuku Baru, Babirik, HSU

Baca: Reaksi Luna Maya Saat Ayu Dewi Sebut Julukan Syahrini, Tentang Gosip Dengan Reino Barack

Ketua BUMDes Bina Sejahtera, Arianto, mengatakan pihaknya sangat senang dan berterima kasih kepada pihak Uniska yang begitu perhatian. Banyak hal bermanfaat didapat dari mereka, seperti tentang cara yang baikdan benar mengolah biji kopi menjadi serbuk kopi serta perawatan tanaman kopi.

KEBUN KOPI - Inilah antara lain hamparan kebun kopi di Desa Tiwinganbaru.
KEBUN KOPI - Inilah antara lain hamparan kebun kopi di Desa Tiwinganbaru. (Rahmad Novliardi untuk Banjarmasinpost.co.id)

"Kemarin juga sekaligus dilakukan ujicoba perbandingan cita rasa antara kopi Aranio dan kopi dari daerah lain seperti dari Jawa, Bali, Sumatera. Ternyata, kopi kami tak kalah nikmatnya," ucap Arianto, Senin (14/01/2019).

Selain itu, pada Sabtu pekan tadi, pihaknya bersama-sama menibjau kebun kopi. "Insya Allah nanti saat panen, mereka akan ikut melakukan panen raya sambil mencontohkan bagaimana cara pemetikan dan pemilihan buah kopi yg baik dan benar," tandas Arianto.

(banjarmasinpoat.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved