Berita Tapin

Perbaikan Alat Perekaman KTP Elektronik di Kabupaten Tapin Jaminan Pemerintah Pusat

Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, menargetkan pada 17 April 2019 ini, seluruh pelajar SLTA usia 17 tahun sudah memiliki identitas

Perbaikan Alat Perekaman KTP Elektronik di Kabupaten Tapin Jaminan Pemerintah Pusat
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Hj Rusnaidah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI- Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, menargetkan pada 17 April 2019 ini, seluruh pelajar SLTA usia 17 tahun sudah memiliki identitas kependudukan berupa KTP elektronik.

Itu dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin, Hj Rusnaidah di ruang kerjanya, Jalan Brigjend Hasan Basri, Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara, Senin (14/1/2019).

Menurut Hj Rusnaidah, target itu terpenuhi karena peralatan perekaman KTP elektronik dan hingga alat cetak merupakan milik Pemerintah Pusat, ditunjang bantuam alat perekaman mobile dari Pemerintah Kabupaten Tapin.

"Makanya pelayanan perekaman KTP elektronik dapat dilaksanakan bagi warga yang berdiam di kaki gunung Meratus," katanya..

Ditanya pemeliharaan semua alat perekaman KTP elektronik itu, Hj Rusnaidah menjelaskan dijamin oleh Pemerintah Pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Baca: Adu Cantik Irish Bella dan Ranty Maria, Satu yang Dilamar Ammar Zoni, Satunya sang Mantan

Baca: Bocoran Rencana Pernikahan Pemain Cinta Suci SCTV Ammar Zoni Irish Bella Batal di Ulang Tahun Ibel?

Baca: Jadwal Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Champion 2018/2019, Liverpool vs Bayern Munchen Live RCTI

Pemerintah Kabupaten Tapin kala itu tidak melayani perekaman. Semua peralatan perekaman KTP elektronik dan disalurkan langsung di 10 Kantor Kecamatan melalui Kantor Pos Indonesia pada 2011 lalu.

"Saat itu saya masih Camat Binuang, alat perekaman KTP elektronik itu tiba di Kantor Kecamatan. Seingat saya perekaman KTP elektronik dapat dilaksanakan di kantor kecamatan Binuang, siang dan malam hari," kata mantan Camat Binuang ini.

Kini, peralatan perekaman itu masih tetap berfungsi melayani masyarakat di wilayah Kecamatan. Pelayanan cetak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin.

Diakui Hj Rusnaidah, beberapa alat perekaman itu sempat rusak. Cuma sudah diperbaiki. Sebelumnya pernah dibawa ke Jakarta untuk diperbaiki.

"Belum lama ini pelayanan perbaikan alat perekaman cukup di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Selatan. Teknisinya didatangkan dari Jakarta, semuanya se Kalsel kumpul di Provinsi," kata mantan Lurah Binuang ini.

Hj Rusnaidah bersyukur Pemerintah Kabupaten Tapin, sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin pada 2013 lalu hingga kini mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pencapaian target nasional perekaman KTP elektronik.

"Sebelumnya pendahulu saya juga mendapat penghargaan pencapaia target nasional perekaman KTP elektronik dan pada 2011 hingga 2013.

Kemudian pada 2015, Kabupaten Tapin meraih penghargaan lagi karena memenuhi target nasional perekaman KTP elektronik dan 2018 ini terget nasuonal itu sudah terlampau, sekitar 101 persen," ujarnya.

Peralatan perekaman KTP elektronik dan alat cetaknya sudah mobile. Pemerintah pusat mengirimkan satu unit mobil dan pemerintah Kabupaten Tapin juga membelikan satu unit mobil perekaman KTP elektronik keliling lengkap dengan mesin cetaknya. (banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved