Berita Batola

Petugas Imigrasi Beri Sosialiasi Pembuatan Paspor ke Siswa SMA GIBS Batola

SMA Global Islamic Boarding School (GIBS) Kabupaten Batola memdapatkan pengetahuan baru tentang pembuatan paspor oleh petugas Kantor imigrasi

Petugas Imigrasi Beri Sosialiasi Pembuatan Paspor ke Siswa SMA GIBS Batola
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Syahrifullah memberikan sosialisasi pembuatan paspor kepada siswa kelas 10 SMA Global Islamic Boarding School (GIBS), Kabupaten Batola, Senin (13/1/19) siang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - DARIS (16) siswa kelas 10 jurusan IPA SMA Global Islamic Boarding School (GIBS) Kabupaten Batola tampak senang. Dia memdapatkan pengetahuan baru tentang pembuatan paspor oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Senin (14/1/19) siang, di aula pendidikan SMA setempat.

“Iya alhamdulilah, kami mendapatkan pelatihan membuat paspor. Nanti setelah naik kelas 11, kami akan hijrah atau studi banding ke Negara Australia. Tepat sekali. Saya belum punya paspor,” kata Daris, di antara ratusaan siswa kelas 10.

Menurut Daris, sampai sekarang dirinya belum tahu bagaimana caranya membuat paspor. Informasi tentang tata pembuatan paspor ini nanti akan ditularkan ke keluarga dan orang tua dI rumah setelah sosialiasi ini.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Syahrifullah saat memberikan sosialasi ke siswa SMA GIBS menjelaskan dengan sosialisasi ini pihaknya ingin siswa GIBS bisa memahami persyaratan-persyatatan paspor di kantor imigrasi.

Baca: Jelang Barito Putera Vs PSS Sleman Piala Indonesia 2018 - Evan Dimas Masih Urus Administasi

Baca: Ini Pesan FDO Terkait Kasus Kejahatan yang Menimpa Driver Online: Jika Orangnya Janggal Batalkan!

Baca: Harga Tiket Pesawat Turun Bertahap, Rute Banjarmasin-Surabaya Rp 660 Ribu

“Kita ingin siswa GIBS tahu apa itu paspor, untuk apa dan tujuan kemana serta syaratanya aoa saja,” tegas Syahrifullah.

Ditambahkannya, SMA GIBS kebanyakan melakukan studi banding ke luar negeri, Singapura dan Australia. Untuk itu, SMA GIBS dipilih untuk sosialisasi terkait masalah persyaratan paspor. Siswa GIBS dan masyarakat luas perlu tahu, pembuatan paspor saat ini dilakukan secara online.

Para siswa GIBS harus tahu cara mengisi data permohonan pembuatan paspor secara online.

“Mulai saat Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin membuka diri untuk melakukan sosialisasi kepada masyarkat maupun pelajar yang ingin keluar negeri. Jadi saat pelajar ke kantor Imigrasi harus tahu, syarat apa saja yang harus dibawa,” katanya.

Ditambahkannya, selama ini saat bicara kantor imigrasi, pasti kesannya menakutkan karena akan ada pungutan liar (pungli) di sana-sini. Nah, kantor Imigrasi saat ini sudah berubah total melayani masyarakat.

“Saat ini Kantor Imigrasi memberikan kepastian waktu pelayanan, kepastian jumlah biaya, kepastian waktu kerja dan kepastian standar kerja, Seperti untuk membuat paspor itu cukup perlu lima hari kerja,” katanya.

Dijelaskannya, untuk waktu pendaftaran sistem online pembuatan paspor sudah dibagi. Dalam satu jam, ada ketentuan jumlah warga yang dilayani dan pendaftar bisa memilih jam pendaftaran secara online.

“Jadi tak akan ada lagi pendaftar paspor itu tertumpuk atau bergerombol seperti zaman dulu,” katanya.

Kepala Sekolah SMA GIBS Kabupaten Batola, M Tarifulloh, sangat berterimakasih karena Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin memberikan sosialisasi pembuatan paspor kepada siswa kelas 10 SMA setempat.

Untuk kelas 11, sambungnya, direncanakan ada pogram hijrah atau studi banding ke Australia. Nah, untuk keperluan pembuatan paspor, pihak sekolah akan memberikan surat edaran kepada siswa untuk persiapan pembuatan paspor. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved