Mereka Bicara

Satlantas Polresta Banjarmasin, Apa Dibolehkan Razia Lalu Lintas Malam Hari?

Mau nanya soal apa memang dianjurkan pada malam hari diadakan razia kendaraan dan bolehkah razia dilakukan di tempat yang bukan semestinya?

Satlantas Polresta Banjarmasin, Apa Dibolehkan Razia Lalu Lintas Malam Hari?
BANJARMASINPOST.CO.ID/IRFANI RAHMAN
Razia kendaraan operasi Ramadniya 2017 di Mapolda Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hormat Komandan Satlantas Polresta Banjarmasin. Mau nanya soal apa memang dianjurkan pada malam hari diadakan razia kendaraan dan bolehkah razia dilakukan di tempat yang bukan semestinya?

Terima kasih. 085820268454

TANGGAPAN:
KEPADA Yth. Pembaca Banjarmasin Post. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang saudara berikan kepada kami. Perlu kami sampaikan bahwa, sesuai amanat Undang Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 13 tugas dan wewenang Polri adalah memelihara Keamanan dan ketertiban, dengan cara Preventif (pencegahan) dan Represif (penindakan).

Pasal 16 huruf e melakukan pemeriksaan dan penyitaan surat dilakukan Polri pada saat Kegiatan pemeriksaan secara stasioner/hunting, baik itu siang atau malam hari.

Di dalam penjelasan pasal tersebut, sangat jelas disampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan dapat dilakukan di siang atau malam hari. Hal ini tentunya kegiatan razia bertujuan menghilangkan terjadinya niat dan kesempatan pelanggaran/kejahatan.

Kegiatan pemeriksaan pada malam atau siang hari, pemeriksaannya kita berpedoman pada Undang-undang dan Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Demikian dan terima kasih.

Kasatlantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo SIK MH
Kasatlantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo SIK MH (Polresta Banjarmasin)
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved