Berita Balangan

Sungai Meluap, Banjir Landa Empat Desa di Balangan, Rumah dan Jalan Terendam

Luapan air sungai akibat hujan deras di daerah pegunungan, membuat empat desa di Kabupaten Balangan dilanda banjir, Senin (14/1/2019).

Sungai Meluap, Banjir Landa Empat Desa di Balangan, Rumah dan Jalan Terendam
BPBD Balangan
Luapan air sungai akibat hujan deras di daerah pegunungan, membuat empat desa di Kabupaten Balangan dilanda banjir, Senin (14/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Luapan air sungai akibat hujan deras di daerah pegunungan, membuat empat desa di Kabupaten Balangan dilanda banjir, Senin (14/1/2019).

Empat desa terkena banjir adalah Desa Mayanau RT.01 dan RT.02 Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Tabuan dan Desa Mantuyan Kecamatan Halong serta Desa Tariwin Kecamatan Batumandi.

Dari informasi yang didapat selain merendam akses jalan, luapan air sungai ini juga merendam beberapa rumah warga.

Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love, yang dikonfirmasi, Senin (14/1/2019) membenarkan adanya banjir yang terjadi akibat luapan air sungai.

"Lokasi yang terkena banjir Desa Mayanau RT.01 dan RT.02 Kecamatan Tebing Tingg, Desa Tabuan, Desa Mantuyan Kecamatan Halong dan Desa Tariwin Kecamatan Batumandi," katanya.

Baca: Keuntungan Luna Maya Putus dari Ariel NOAH & Reino Barack yang Dikabarkan dengan Syahrini Terungkap

Baca: Cara Menonton Live Streaming Manchester City vs Wolverhampton Liga Inggris Pekan 22 Live MNC TV

Baca: Live TVRI! Link Live Streaming AS Roma vs Virtus Entella, Siaran Langsung Coppa Italia Malam Ini

Dari pendataan sementara yang dilakukan, imbuhnya, untuk Desa Mayanau RT. 01 yang terdampak ada 3 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 7 orang.

Sedangkan di RT. 02, yang terdampak ada 2 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 6 orang.

Selanjutnya, di Desa Tabuan dan Desa Mantuyan, total yang terdampak ada 23 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 69 orang.

Untuk Desa Tabuan Air masih meluap dan menggenangi area jalan raya dengan tingggi 40 cm dan panjang 100 cm dan untuk Desa Mantuyan tinggi air mencapai 50 cm.

"Sedangkan di Desa Tariwin saat ini mengalami kenaikan debit air di karenakan di daerah pegunungan di guyur hujan deras tadi malam sampai siang ini namun untuk kondisi rumah warga masih dalam keadaan aman," jelasnya.

Disampaikan Alive juga, untuk hujan sendiri terjadi di daerah pegunungan pada Minggu malam sampai dengan siang ini, sehingga mengakibatkan air sungai meluap hingga kepermukiman warga.

Sungai yang meluap saat ini adalah Sungai Halong, Sungai Mayanau dan juga Sungai Tariwin.

Dengan kondisi ini maka daerah rawan banjir di wilayah Kecamatan Halong dan Juai, kemungkinan air juga akan mengalami kenaikan. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved