Berita Kotabaru

Tiga Tahun Alat Perekaman KTP Elektonik Tidak Bisa Digunakan, Camat Pamukan Ungkapkan Fakta Ini

Sejak sekitar 2015 lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil mendistribusikan alat/perlengkapan perekaman KTP-E

Tiga Tahun Alat Perekaman KTP Elektonik Tidak Bisa Digunakan, Camat Pamukan Ungkapkan Fakta Ini
(Kompas)
Ilustrasi Blangko KTP elektronik 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sejak sekitar 2015 lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil mendistribusikan alat/perlengkapan perekaman KTP Elektronik ke seluruh daerah di Indonesia. Termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pendistribusian perlengkapan perekeman pembuatan kartu identitas, seperti daerah Kalsel tidak kecuali Kabupaten Kotabaru. Akibat berbagai faktor (teknis dan nonteknis), saat ini perangkat tersebut tidqk berfubgsi lagi.

Penyebabnya beragam. Ada yang disebabkan sambatan petir, ada juga yang hilang dijarah pencuri.

Kondisi itu menyebabkan warga terpaksa melakukan perekaman di kantor Disdukcapil di ibu kota kabupaten. Tentu ini merepotkan warga dan menambah cost baru untuk biaya transportasi ke kota.

Ironisnya, hingga sekarang perlengkapan KTP elektronik yang rusak tidak kunjung diperbaiki atau diganti baru sehingga mangkrak.

Dilemanya, perlengkapan perekaman merupakan aset pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah tidak bisa menganggarkan biaya perbaikan atau penggantian komponen yang rusak/hilang.

Sementara pemerintah pusat hingga ini belum menghibahkan ke daerah, selain juga tidak memperbaiki atau mengganti peralatan tersebut bisa dioperasionalkan.

Baca: Adu Cantik Irish Bella dan Ranty Maria, Satu yang Dilamar Ammar Zoni, Satunya sang Mantan

Baca: Jadwal Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Champion 2018/2019, Liverpool vs Bayern Munchen Live RCTI

Baca: Live Streaming BWF & Jadwal Malaysia Masters 2019, Marcus/Kevin & Ahsan/Hendra Main

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotabaru H Ahmad Fitriadi mengakui, terkait pendistribusian perelatan perekaman KTP elektronik oleh pemerintah pusat langsung ke kecamatan, tidak melalui kepala dinas terkait.

Namun, kata Fitriadi, terkait persoalan itu ada rencana pemerintah pusat menghibahkan peralatan perekaman ke pemerintah daerah Kabupaten Kotabaru.

Berdasarkan data-data yang sudah disampaikan ke pemerintah pusat, mengenai peralatan perekaman yang ada di kecamatan sampai dengan kondisi hari ini.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved