Berita Kotabaru

Dinkes Tetapkan Kotabaru Endemis DBD, Kasus TerbanyaK Ada di Kecamatan ini

Berdasar catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) sampai dengan minggu kedua Januari 2019 setidaknya ada 24 kasus disebabkan karena gigitan nyamuk

Dinkes Tetapkan Kotabaru Endemis DBD, Kasus TerbanyaK Ada di Kecamatan ini
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Petugas Dinkes Kotabaru saat melakukan pemberantasan sarang nyamuk di permukiman warga Perumbas Blok F, desa Semayap, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kasus demam berdarah dangue (DBD) Kotabaru melonjak.

Berdasar catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) sampai dengan minggu kedua Januari 2019 setidaknya ada 24 kasus disebabkan karena gigitan nyamuk aedes aegypti.

Terus menaiknya jumlah kasus DBD terjadi secara masif, Dinkes pun menetapkan Kabupaten Kotabaru menjadi daerah endemis DBD.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinkes Kotabaru H Akhmad Rivai, sebanyak 24 kasud DBD tercatat di instansinya tersebar di beberapa kecamatan, kecamatan Pulaulaut Utara tertinggi yakni 19 kasus.

Sedangkan beberapa kecamatan lainnya antara lain, kecamatan Kelumpang Selatan, Sampanahan, Sungaidurian, Kelumpang Hilir, dan Kelumpang Hulu masing-masing satu kasus.

Baca: Detik-detik Prabowo Subianto Tenangkan Pendukungnya Saat Sebut Program Pemerintah Presiden Jokowi

Baca: Perubahan Sikap Ayu Ting Ting pada Ivan Gunawan Ditangkap Ruben Onsu, Benih Cinta?

Baca: Sule Bertukar Gaya dengan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Ini yang Terjadi Kemudian

Rivai mengakui melonjaknya kasus DBD, selain ada ditemukan jentik. juga adanya penderita DBD, tetapi tidak ada penderita yang meninggal, dibanding kasus tahun sebelumnya pada 2016.

"Alhamdulillah tidak ada penderita meninggal. Semua sembuh," kata Rivai kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (15/1/2019).

Ditambahkan Rivai, penetapan status Kabupaten Kotabaru masuk daerah endemis, karena dalam dua tahun terakhir kasus terjadi secara masif.

"Ya wilayah ditemukan jentik terus bertambah (meluas)," ujar Rivai.

Terakhir dalam pekan ini ditemukan penderita DBD di wilayah Perumnas Blok F, desa Semayap, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved