Bumi Sanggam

Dinkes Balangan Terima Kunjungan DPRD Tabalong, Bahas Program Universal Health Coverage

Melalui program inilah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Balangan menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong, Selasa (15/1/2018).

Dinkes Balangan Terima Kunjungan DPRD Tabalong, Bahas Program Universal Health Coverage
Humas Pemkab Balangan
Dinas Kesehatan (Dinkes) Balangan menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong, Selasa (15/1/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Program Universal Health Coverage (UHC) yang sudah dijalankan di Kabupaten Balangan mendapat perhatian dari DRPD Kabupaten Tabalong.

Melalui program inilah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Balangan menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Tabalong, Selasa (15/1/2018).

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tabalong Hj Mursidah yang memimpin langsung kunjungan kerja, mengungkapkan, maksud dari kunjungan ini untuk melaksanakan koordinasi dan konsultasi terkait kepesertaan BPJS.

“Balangan selain tetangga yang terdekat dengan kami, Kabupaten ini juga merupakan 3 Kabupaten di Kalimantan Selatan yang telah melaksanakan program jaminan kesehatan dalam bentuk UHC. Selebihnya, inilah kabupaten pertama di provinsi kami yang mendapatkan UHC Award dari Kemendagri,” urainya.

Ditambahkannya, sampai sekarang ini Kabupaten Tabalong memang masih belum mencapai UHC.

Didasari dengan keadaan ini, maka DPRD Kabupaten Tabalong melaksanakan kunjungan kerja yang hasilnya nanti akan di aplikasikan di daerah mereka dalam upaya memenuhi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H Akhmad Nasa’i, mengakui sangat terapresiasi atas kunjungan kerja ini .

Disampaikannya, menyangkut tentang kepesertaan BPJS di Kabupaten Balangan tahun 2019 ini akan memasuki tahun yang ketiga setelah sebelumnya hanya melaksanakan program Jamkesda.

“Dengan adanya ketentuan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) tahun 2017 yang menyatakan tidak ada lagi jaminan kesehatan selain yang diselenggarakan oleh BPJS, maka seluruh masyarakat kabupaten Balangan baik yang terdaftar dalam Jamkesda ataupun yang tidak terdaftar sama sekali, didaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan,” urainya.

Dijelaskannya lebih lanjut, untuk menjalankan program UHC lanjutan tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Balangan telah menyiapkan dana sekitar Rp. 24 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Untuk anggaran murni 2019 ini kami sudah menganggarkan sekitar Rp.18 miliar untuk pembayaran premi ke BPJS terkait program UHC ini. Sedangkan sisanya akan ditutupi melalui anggaran perubahan nantinya,” pungkasnya.(*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved