SNMPTN 2019

Ini Pesan Kepala SMAN 7 Banjarmasin Kepada Siswa Sebelum Menentukan Pilihan di SNMPTN 2019

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun lalu ada tiga jurusan favorit yang yang selalu menjadi incaran siswa.

Ini Pesan Kepala SMAN 7 Banjarmasin Kepada Siswa Sebelum Menentukan Pilihan di SNMPTN 2019
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Rabu (16/1/2019)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun lalu ada tiga jurusan favorit yang yang selalu menjadi incaran siswa.

Menurut Kepala SMAN 7 Banjarmasin, Arussliadi, tiga jurusan favorit itu adalah Fakultas Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi dan Ekonomi Akuntansi.

“SNMPTN tahun lalu sekitar 20 siswa yang terjaring,” kata Arusliadi.

Menurutnya, informasi terakhir untuk sekolah akreditasi A kuotanya kurang dari 50 persen dan akreditasi B itu sekitar 20 persen.

Untuk tahun ini jika siswa sudah keterima jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) meski di pilihan kedua, maka kesempatan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan terkunci atau terblokir sistem.

Baca: Penampakan Lucinta Luna Ditantang #10yearschallenge, Cek Juga Foto Maia Estianty & Nikita Mirzani

Baca: Heboh Ikan Kerapu Raksasa Berbobot 100 Kg Ditangkap Nelayan Muara Asam-asam, Ini Faktanya

Baca: Daftar Lengkap Pemenang Seoul Music Awards 2019 Mulai Wanna One, Shinee, Ikon, Exo Hingga BTS

Baca: Cek Link Pengumuman Hasil Akhir CPNS 2018 Kemenag & Jadwal Pemberkasan Via Kemenag.go.id

Baca: Sosok Ini Ungkap Luna Maya dan Ariel NOAH Bakal Balikan, Ini 5 Sinyal Keduanya Akan Jalin Cinta

“Aturan terblokir di SBMPTN karena sudah keterima SNMPTN sepertinya baru tahun ini dan regulasi ini perlu dicermati siswa,” katanya.

Dijelaskannya, siswa SMAN 7 yang diterima Fakultas Kedokteran ULM di jalur SNMPTN itu ada 3 siswa dan fakultas kedokteran gigi di SBMPTN ada tujuh siswa.

Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi ULM, juga banyak peminat dari lulusan SMAN 7.

“Bahkan siswa dari SMAN 7 yang masuk ke Fakultas Hukum ULM juga banyak,” katanya.

Ditambahkannya, mulai 4 Januari sampai 25 Januari, pihak SMAN 7 Banjarmasin melakukan upload pengisian data sekolah dan siswa (PDSS) ke Kementerian Dikti dan siswa hanya tinggal duduk manis saja.

“Kita upload data siswa dan nilai SMAN 7 ke Kementrian Dikti. Siapa saja siswa yang terpilih ke jalur SNMPTN akan diumumkan segera,” katanya.

Ditambahkannya, siswa saat memilih jurusan di SNMPTN itu diharapkan bisa mengukur kemampuan diri, dan melihat sejauh mana persaingan ketat dalam pilihan sebuah jurusan.

Sebuah jurusan favorit seperti kedokteran, kedokteran gigi dan akuntasi biasanya sangat banyak peminatnya sehingga ini menjadi renungan bagi siswa sebelum menjatuhkan pilihan.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved