Tekno

Ini Yang Memulai Tagar 10YearChallenge di Dunia Maya, Begini Penjelasan Para Ahli

Tagar 10 year challenge tengah trending di dunia Maya. Tren yang populer, jadi aksi yang banyak dilakukan pengguna media sosial.

Ini Yang Memulai Tagar 10YearChallenge di Dunia Maya, Begini Penjelasan Para Ahli
KOLASE ISNTAGRAM @mrsayudewi dan @maiaestiantyreal
Maia Estianty dan Ayu Dei ikuti tantangan #10yearchallenge. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tagar 10 year challenge tengah trending di dunia Maya. Tren yang populer, jadi aksi yang banyak dilakukan pengguna media sosial. Pria, wanita, tua, atau muda tak mau kalah menunjukkan perbandingan dirinya dalam 10 tahun melalui unggahan foto.

Mereka menyandingkan foto lama yang diambil sekitar 2008 atau 2009 dengan foto terbarunya pada 2018 atau 2019. Pertanyaannya, siapa yang memulai tantangan ini hingga menjadi viral?

Dilansir dari laman yang mengulik tren di media sosial, Know Your Meme, tantangan #10YearsChallenge berawal dari unggahan seorang meteorolog dari Oklahoma bernama Damon Lane di Facebook, @KOCOdamonlane.

Pada keterangan foto, Lane juga mengajak orang-orang untuk melakukan hal yang sama dan melihat perbedaan apa yang sudah terjadi selama ini. Lalu menjadi viral di media sosial. Bukan lagi di Facebook, namun di Instagram.

Baca: Hasil Malaysia Masters 2019, Marcus/Kevin Melangkah ke Quarter Final Usai Taklukkan Ganda Indonesia

Baca: Mbak You Pernah Meramal Artis Inisial A Terjerat Narkoba di 2019, Terkait Penangkapan Aris Idol?

Baca: Selain Aris Idol, Mantan Pacar Syahrini Dibekuk Polisi karena Edarkan Sabu, Barbuk Seberat 2,36 Kg

Psikolog Klinis FK ULM, Sukma Noor Akbar mengatakan media sosial sekarang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dampak positif negatif tergantung pemakai media sosialnya.

"Demam taggar atau hashtag #10yearchallenge di Instagram maupun twitter.

Jika kita memandang dari sisi positifnya maka fenomena ini bisa menjadi suatu bentuk evaluasi diri seseorang, untuk mengingat kembali kondisi sebelumnya dan memotivasi diri dan progres yang sudah dilakukan untuk mengubah tampilan fisik," katanya.

Menurut dia, amun yang perlu diperhatikan untuk evaluasi diri tidak hanya dari tampilan fisik saja, tampilan sikap, kepribadian, ibadah atau target yang ingin dicapai sebelumnya bisa juga sebagai bahan seseorang untuk menilai sejauh mana perubahan-perubahan yang terjadi.

"Masukan-masukan untuk pengembangan diri tidak saja dari media sosial, akan tetapi dari sahabat, rekan kerja, keluarga atau siapapun bisa memberikan masukan untuk menjadi lebih baik," katanya.

Baca: Aris Idol Ditangkap Pesta Narkoba Bersama Dua Perempuan, Lakukan Perbuatan Haram Ini Bergantian

Baca: Live Streaming dan Jadwal Debat Capres Pilpres 2019 Jokowi-Maruf Amin vs Prabowo-Sandiaga Uno

Baca: Gerebek Pengedar di Muara Uya, Polisi Temukan Senjata Api Rakitan Lengkap dengan Amunisi

Pengamat Siber Kalsel Andi Riza yang juga seorang Konsultasi IT mengatakan Taggar challenge semacam 10 years challenge ini bisa cepat viral karena pertama unik, kedua dipopulerkan artis, dan ketiga karena eksistensi di medsos dianggap sangat penting oleh sebagian netizen. Medsos ini adalah dunia lain dimana orang bisa bebas mengekpresikan dirinya sendiri.

"Ada semacam kebanggaan bisa menjadi bagian dari challenge dan ini juga yang memicu banyaknya challenge-challenge bermunculan di medsos. Sebenarnya tidak ada masalah selama challengenya masih wajar, Bijaksana menyikapi hal seperti ini, terlebih bagi orang tua yang anaknya main medsos, awasi dan nasihati dengan baik," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved