Berita Kabupaten Banjar

'Pulang Kampung' Gubernur Kalsel Paman Birin Imbau Warga Tunggulirang Waspadai DBD

Paman Birin begitu H Syahbirin Noor akrab disapa berkunjung ke Tunggulirang Ulu guna bersilaturahmi sekaligus melihat dari dekat warganya.

'Pulang Kampung' Gubernur Kalsel Paman Birin Imbau Warga Tunggulirang Waspadai DBD
banjarmasinpost.co.id/idda royani
SEMRINGAH - Warga Tunggulirang Ulu semringah menerima paket sembako dari Gubernur H Syahbirin Noor, Rabu (16/01/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Meningkatnya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kalimantan Selatan (Kalsel) kurun waktu 2018 hingga kini mendapat perhatian khusus Gubernur Kalsel H Syahbirin Noor.

Secara khusus, orang nomor satu di Bumi Antasari ini mengimbau warga mewaspadai penyakit tersebut.

Imbauan itu disampaikan H Syahbirin Noor saat berkunjung dan bertatap muka dengan warga Desa Tunggulirang Ulu, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (16/01/2019) sore. "Sekarang ini musim hujan, waspadai penularan penyakit DBD," ucapnya.

Paman Birin begitu H Syahbirin Noor akrab disapa berkunjung ke Tunggulirang Ulu guna bersilaturahmi sekaligus melihat dari dekat warganya.

Sekaligus dirinya berbagi kebahagiaan dengan menyalurkan bantuan bahan pangan berupa barang kebutuhan pokok sebanyak 500 paket.

Baca: Hans Mantan Pacar Syahrini Ditangkap Terkait Kasus Narkoba, Begini Kronologisnya

Baca: Jadi Tersangka Vanessa Angel Tak Berkutik Lagi, Polisi Sita Foto dan Video Panas Sang Artis

Baca: Polisi Tetapkan Vanessa Angel Tersangka Prostitusi Online, Ada Bukti Kirim Foto ke Mucikari

Penyerahan bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada sepuluh warga Tunggulirang Ulu. Selebihnya didistribusikan oleh aparatur desa setempat kepada warga yang berhak seusai acara. Warga setempat sangat antusias mendapatan bantuan bahan pangan tersebut.

"Saya sangat senang bisa kembali datang ke sini. Ini saya pulang kampung, karena paninian/paduatuan saya asli warga sini. Mari kita semua menjaga kebersihan agar pada musim penghujan ini kita terhindar dari penyakit DBD," tandasnya.

Ia mengatakan pencegahan penularan DBD perlu dilakukan melalui gerakan 3 M yakni menutup tempat-tempat penampungan air baik yang ada di dalam maupun di luar rumah. Lalu, menguras tempat-tempat penampungan air secara berkala seperti bak mandi. Kemudian mengubur tempat-tempat yang bisa menampung air seperti kaleng atau botol bekas.

Melalui gerakan 3M tersebut, jelas Paman Birin, penularan penyakit DBD bisa dihindari. Pasalnya langkah tersebut akan meniadakan tempat berkembang biak vektor (perantara) penyakit DBD yakni bertelurnya nyamuk aedes aegypti. Nyamuk berwarna hitam berbintik putih ini hanya bertelur atau berkembangbiak di air jernih.

Baca: Aris Idol Ditangkap Saat Pesta Narkoba, Istri Bilang Berubah karena Gemerlap Dunia Hiburan

Baca: Aris Idol Ditangkap Pesta Narkoba Bersama Dua Perempuan, Lakukan Perbuatan Haram Ini Bergantian

Baca: Hotman Paris Sebut Artis Top yang Bisa Dipakai Selain Vanessa Angel di Kasus Prostitusi Online

Selain imbauan tersebut, Syahbirin Noor juga mengajak warga untuk kian merekatkanb tali persaudaraan dan kebersamaan. Pasalnya, kekompakan sesama anak bangsa adalah modal utama menjaga kedamaian dan keutuhan negara ini.

Setelah menyerahkan paket sembako, Paman Birin bersama rombongan bergerak ke lokasi kegiatan lainnya. Gubernur datang ke Tunggulirang Ulu bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto, Kapolda Kalsel Irjen (Pol) Yazid Fanani, Danrem 101 Antasari Kolonel MS Ismed, Forkominda Banjar, dan petinggi TNI lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur. Apalagi beliau sekaligus menyerahkan bantuan bahan pangan berupa sembako sebanya 500 paket," ucap Kepala Desa Tunggulirang Ulu Abdul Bari. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved