Berita Kesehatan

Waspada, Tusuk Jerawat Bisa Akibatkan Radang Selaput Otak

Jerawat adalah masalah kulit yang sering membuat orang galau. Bagaimana tidak, sebab jerawat dapat mengganggu penampilan.

Waspada, Tusuk Jerawat Bisa Akibatkan Radang Selaput Otak
Banjarmasinpost.co.id/Salmah
Dr Vina Dwiana, Dokter Spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jerawat adalah masalah kulit yang sering membuat orang galau. Bagaimana tidak, sebab jerawat dapat mengganggu penampilan.

Dijelaskan Dr Vina Dwiana, Dokter Spesialis Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, jerawat dapat disebabkan berbagai macam faktor.

"Karena pubertas, pada masa ini ada ketidakseimbangan hormon, sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak akan meningkat akibat hormon testosteron yang meningkat," jelasnya.

Kemudian penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Sering mencuci muka, akibatnya wajah menjadi terlalu kering dan malah kelenjar minyak makin memproduksi semakin banyak minyak .

Baca: Jadikan Vanessa Angel Tersangka, Polisi Selidiki Peran Avriellia Shaqqila di Kasus Prostitusi Online

Baca: Permohonan Maaf Aris Idol kepada Istri Usai Ditangkap Polisi karena Narkoba, Rosilia Sebut Jebakan

Baca: Hasil Malaysia Masters 2019 : Menang Dramatis Lawan Ganda Jepang, Ketut/Rizki ke Perempat Final

"Konsumsi makanan yang berlemak atau yang tidak sehat juga mengakibatkan sebum meningkat," jelasnya.

Prilaku suka memencet-mencet jerawat juga dihindari. Ini akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam dan akhirnya menyebabkan bekas jerawat.

"Jika muncul jerawat, cara mengatasinya adalah membersihkan wajah dengan sabun anti jerawat yang cocok dengan jenis kulit orang berjerawat. Kemudian Meminum obat antibiotik bila perlu untuk jerawat yang meradang," papar Vina.

Dengan cara yang alami yaitu memakai masker lemon atau jeruk nipis pisang dan lainnya, bisa juga mengurangi peradangan karena jerawat.

Cara lain dengan dikompres es batu dapat juga mengurangi rasa nyeri atau radang kemerahan jerawat

"Boleh juga memakai uap air hangat akan dapat membuka sumbatan dalam pori-pori yang akan mengurangi komedo," terangnya.

Diingatkannya, jangan mengambil keputusan sendiri untuk mengobati jerawat, konsultasikan dengan dokter bila ada peradangan yang berat, karena bila menusuk-nusuk jerawat dan terjadi infeksi akan mengakibatkan kuman masuk peredaran darah dan dapat masuk ke otak yang menyebabkan kejang atau radang selaput otak yang berakibat fatal.

"Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Buah yang tidak boleh yaitu durian, nangka, cempedak, alpukat dan mangga matang. Makanan yang harus dihindari adalah yang mengandung lemak berlebihan antara lain mentega, susu, keju dan lainnya," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved