Pilpres 2019

Debat Capres Pilpres 2019, Prabowo-Sandi Gelar Simulasi, Jokowi-Ma'ruf Latih Kekompakan

Tiga isu besar bidang hukum akan menjadi fokus dalam debat perdana, yaitu hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, dan terorisme.

Debat Capres Pilpres 2019, Prabowo-Sandi Gelar Simulasi, Jokowi-Ma'ruf Latih Kekompakan
screenshot/Banjarmain Post
Banjarmasin Post Edisi, Kamis (17/1/2019) Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Debat pertama calon presiden dan calon wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilihan Presiden 2019, yakni pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, digelar hari ini, Kamis (17/1/2019).

Tiga isu besar bidang hukum akan menjadi fokus dalam debat perdana, yaitu hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, dan terorisme.

Enam panelis pun dipilih untuk terlibat dalam debat ini, yaitu mantan Ketua Mahkamah Agung (MA), Bagir Manan; Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik; Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Prof Hikmahanto Juwana; Ahli Tata Negara Margarito Kamis, dan Bivitri Susanti.

Untuk menghadapi debat tersebut, kedua pasangan calon pun mempersiapkan diri. Seperti yang terpantau Rabu (16/1/2019) malam, Jokowi hadir di Ball Room Djakarta Theater.

Baca: LIVE Debat Pilpres 2019 di TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV, Intip Yuk Persiapan Jokowi & Prabowo

Baca: Debat Perdana Pilpres 2019 Bakal Seru: Natalius Pigai: Jokowi Bakal Tersandera Masalah HAM

Baca: Ivan Gunawan dan Wendy Cagur Bongkar Foto Jadul Ayu Ting Ting Hingga Buat Ayu Geram: Ngaku Bule

Baca: Klop 400 Gol di Liga Spanyol! Ternyata Gol Favorit Lionel Messi Tak Lepas dari Peran Ronaldinho

Koordinator Debat TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menjelaskan menu latihan Jokowi di Djakarta Theater, mengenai penyamaan persepsi agar saat debat nanti terlihat kekompakan antara Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Perlu diskusi dengan Kiai Ma'ruf tentang penyamaan persepsi di antara keduanya biar kekompakan dan komunikasi terjadi," ujar Karding.

Selain berlatih soal kekompakan lanjut Karding Jokowi juga belajar bagaimana menyampaikan pernyataan saat debat dengan dibatasi waktu sekitar 2 sampai 3 menit. Yang ketiga adalah Jokowi dan Ma'ruf Amin ingin memastikan tata letak jarak dan posisi duduk audiens.

Berdasarkan informasi Jokowi tidak sendirian saat berada di Djakarta Theater, beberapa tokoh yang akan melatih mantan Wali Kota Surakarta tersebut juga ikut hadir. Mantan presenter televisi swasta Tina Talisa dan Rizal Mallarangeng juga dikabarkan hadir di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, Usman mengatakan hingga saat ini, baik Jokowi maupun Ma'ruf sudah melakukan simulasi debat sekitar 3 atau 4 kali. Simulasi antara Jokowi dan Ma'ruf dilakukan secara terpisah.

"Simulasi sudah, kalau kiai antara 3 atau 4 kali. Timnya ya tim Konten, Komunikasi Politik dan Kominfo, " kata Usman.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved