Berita Banjar

Hasil Pemeriksaan Narkoba Ratusan Peserta CPNS 2018 di RSJ Sambang Lihum, Ini Faktanya

Hasil Pemeriksaan Narkoba Ratusan Peserta CPNS 2018 di RSJ Sambang Lihum, Ini Faktanya

Hasil Pemeriksaan Narkoba Ratusan Peserta CPNS 2018 di RSJ Sambang Lihum, Ini Faktanya
banjarmasin post group/ idda royani
Suasana di Poliklinik Terpadu RSJ Sambang Lihum, Kamis (17/01/2019) siang, sepi. Hanya ada beberapa orang pengunjung yang datang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hasil Pemeriksaan Narkoba Ratusan Peserta CPNS 2018 di RSJ Sambang Lihum, Ini Faktanya

Sekitar sepekan terakhir, kunjungan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum meningkatkan signifikan. Bukan cuma keluarga pasien, tapi juga dari mereka yang baru saja lulus tes calon pegawai negeri sipil (CPNS ) 2019 .

Pascalulus, mereka memang diharuskan melengkapi berkas administratif tambahan. Di antaranya yang cukup penting yakni surat keterangan bebas narkoba atau nafza dan surat keterangan kesehatan jiwa (SKKJ).

Lantaran rumah sakit jiwa di Kalimantan Selatan (Kalsel) masih sangat minim, sehingga RSJ Sambang Lihum pun menjadi tumpuan kalangan calon CPNS 2019  tersebut untuk mengurus SKKJ. Sedangkan untuk surat keterangan bebas narkoba, sebagian dari mereka mengurus di tempat lain karena alternatifnya lebih banyak.

"Ya benar memang lumayan banyak juga yang datang kemari (RSJ Sambang Lihum) untuk mengurus SKKJ dan surat keterangan bebas narkoba. Tiap hari kemarin-kemarin itu, banyak yang datang," ucap Direktur RSJ Sambang Lihum dr H IBG Dharma Putra, Kamis (17/01/2019).

Baca: Calon Lawan Marcus/Kevin di Perempat Final Malaysia Masters 2019, Ganda Putra Jepang

Baca: Ariel NOAH Menangis Ingat Luna Maya? Kata Menohok Ariel Usai Disebut Balikan dengan Eks Reino Barack

Baca: Bibi Kekasih Vanessa Angel Singgung Soal Ayah Setelah Vanessa Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Online

Baca: Hasil Malaysia Masters 2019 Babak Kedua - Jonatan Christie Gagal Melaju, Ditaklukkan Chen Long

Bahkan ada hari tertentu yang sangat banyak yang sedikitnya mencapai puluhan orang. "Malah mungkin bisa ratusan orang sehingga tentu mesti antre. Namun semuanya bisa kami layani secara memadai dan lancar," tandas Dharma.

Apakah ada yang terindikasi sebagai pengguna (narkoba)? "Sejauh ini belum ada laporan yang mengarah pada hal seperti itu," sebut Dharma.

Pelayanan SKKJ dan surat keterangan bebas narkoba di RSJ Sambang Lihum bertempat di gedung Poliklinik Terpadu yang terletak tak jauh dari Gedung (Aula) pertemuan. Gedung Poliklinik Terpadu berkintruksi dua lantai. Ruangan-ruangan poliklinik berada di lantai dua.

Pentauan, Kamis kemarin, suasana di lantai dua gedung Poliklinik Terpadu tersebut sepi. Sama sekali tak terlihat adanya 'ledakan' pengunjung. Hanya terlihat sekitar lima orang yang sedang interview di poliklinik nafza dan beberapa orang di ruang tunggu.

"Kamis hari ini (kemarin, red) memang hari terakhir, jadi ya memang sudah sepi. Pekan lalu yang ramai kunjungannya, puncaknya pada Hari Sabtu. Mungkin karena Sabtu hari libur sehingga para CPNS itu punya waktu lapang untuk mengurus SKKJ dan surat keterangan bebas narkoba," jelas staf Humas RSJ Sambang Lihum, Julianta.

Baca: Jawaban Gisella Anastasia pada Gempita Soal Perceraiannya Gading Marten Jika Sudah Terjadi

Baca: Pesan Mendalam Ifan Seventeen di Dahsyatnya 20 Tahun Seventeen yang Digelar Pasca Tsunami Banten

Ia menyebutkan hingga Kamis siang sebanyak 491 orang yang telah diberikan SKKJ. "Nah, kalau untuk surat keterangan bebas narkoba sebanyak 245 orang," beber Julianta.

Dikatakannya, tiap pemohon kedua jenis surat tersebut mesti menjalani tahapan atau rangkaian pemeriksaan serta tes tertulis. "Lumayan menyita waktu juga rangkaian tes dan pemeriksaannya. Namun semuanya terlaksana secara lancar," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved