KalselPedia

KalselPedia - Inilah Aneka Jajanan atau Wadai Khas Banjar yang Mengundang Selera

Provinsi Kalimantan Selatan daerah yang kaya dengan kulinernya, salah satunya adalah makanan ringan jenis kue dalam Bahasa Banjarnya disebut wadai

KalselPedia - Inilah Aneka Jajanan atau Wadai Khas Banjar yang Mengundang Selera
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Pimpinan Umum Banjarmasin Post Group HG (P) Rusdi Effendi AR pada acara Puncak itu lakukan pemotongan empat sajian nasi astakona pertama. Kemudian dilanjut oleh Pimpinan Perushaan Banjarmasin Post Group, Wahyu Indriyanta dan Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post, Musyafi. Keduanya menyumbangkan masing-masing tiga potongan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Provinsi Kalimantan Selatan daerah yang kaya dengan kulinernya, salah satunya adalah makanan ringan jenis kue atau dalam Bahasa Banjarnya disebut wadai. Ada banyak jenis kue atau wadai di Kalimantan Selatan, yang sering dijadikan santapan hari-hari warganya.

Di saat zaman serba modern seperti sekarang ini, orang lebih sering memakan cemilan instan dan masakan luar negeri yang banyak bertebaran di mini market dan swalayan lainnya.

Padahal begitu banyak jajanan tradisional asal Banjarmasin yang rasanya tidak kalah enaknya dengan cemilan instan tersebut. Selain itu harganya yang murah dan kondisi makanannya yang fresh, wadai ini mudah diperoleh di warung-warung tepi jalan Kota Banjarmasin.

Inilah sebagian kue atau wadai khas Banjarmasin, Kalsel:

1. Kue Ipau
ipau kue khas Arab yang satu ini begitu populer di Banjarmasin namun uniknya kudapan yang satu ini hanya ada saat bulan puasa di bulan bulan lain bisa dikatakan dibawah ini kuliner langka.

Baca: KalselPedia - Mengenal Warung Terapung di Banjarmasin, Kulinernya Dijamin Khas Banjar

Baca: KalselPedia - RSJ Sambang Lihum, Tak Sekadar Rumah Sehat untuk Disabilitas Mental

Baca: KalselPedia : Museum Wasaka, Rumah Saudagar Kaya yang Jadi Museum Perjuangan Rakyat Kalimantan

wadai ipau
wadai ipau (banjarmasinpost.co.id/yayu)

2. Tetal
Nasi ketan di tumbuk sampai padat lalu dipotong-potong sesuai keinginan dan diberi kuah tumis.

3. Kue Kararaban
Wadai kararaban merupakan aneka kue basah khas Banjar yang jarang sekarang ditemukan tetapi pada bulan Ramadhan banyak dijual orang rasa spekuk dengan adonan gula merah dan bagian atasnya ditaburi dengan sebutan dari santan kelapa yang dimasak hingga mengeluarkan minyak menambah kekhasan rasa dari kue ini.

4. Kue Madinah
Sepintas kue ini mempunyai tekstur mirip dengan kue lapis legit dan kue lam khas Barabai Kalimantan Selatan namun jelas berbeda orang Banjarmasin khususnya di daerah Sungai Jingah Banjarmasin Utara akrab menyebutnya dengan wadai Masubah bentuknya lingkaran seperti rebana.

5. Lamang
Lamang merupakan beras ketan yang dimasak di dalam bambu.

Lamang
Lamang (banjarmasinpost.co.id/khairil rahim)

6. Tigarun
Sayur ini berbahan utama daun batang dan bunga dari tumbuhan bernama 33 run banyak tumbuh di perkampungan warga di Kalimantan Selatan keberadaan sayur ini musiman saat kembangnya mekar baru lah bisa dipetik dan diolah menjadi sayur biasanya mekar saat air sungai pasang.

Tigarun
Tigarun (banjarmasinpost.co.id/khairil rahim)

7. Nasi Astakona
Nasi astakona merupakan gambaran dari banyaknya sajian dari yang dihidangkan pada suatu tempat khusus dari talam yang bertumpang banyak 3 atau 5 susun hidangan nasi astakona berasal dari tradisi kesultanan Banjar untuk suatu upacara tertentu atau santap bersama dengan adanya tamu kehormatan namun dalam kurun waktu selanjutnya disajikan dalam acara Santap bersama bagi pengantin setelah bersanding di pelaminan.

(banjarmasinpost.co.id/khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved