Berita Banjarbaru

Dana Kelurahan Banjarbaru Rp 7,4 Milyar untuk 20 Kelurahan, Begini Kata Lurah

Dana kelurahan tahap I paling lambat akan digelontorkan pada Mei 2019 sebesar Rp1,5 triliun atau 50 persen dari alokasi dana kelurahan

Dana Kelurahan Banjarbaru Rp 7,4 Milyar untuk 20 Kelurahan, Begini Kata Lurah
banjarmasinpost.co.id/syaiful akhyar
Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dana kelurahan tahap I paling lambat akan digelontorkan pada Mei 2019 sebesar Rp1,5 triliun atau 50 persen dari alokasi dana kelurahan yang berada di dalam Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 3 triliun.

Penyaluran DAU tambahan dilaksanakan dalam dua tahap, tahap I paling cepat bulan Januari dan paling lambat bulan Mei dan tahap II paling cepat bulan Maret dan paling lambat bulan Agustus dengan masing-masing tahap sebesar 50 persen dari pagu alokasi.

Penggunaan dana kelurahan ini ditujukan untuk membangun sarana dan prasarana pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Pemerintah daerah juga wajib menyampaikan laporan realisasi penyerapan DAU tambahan di 2019 kepada Menteri Keuangan casu quo Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan paling lambat Maret 2020.

Dana kelurahan sebesar Rp3 triliun telah dianggarkan ke dalam APBN 2019 dan merupakan bagian dari DAU sebesar Rp417,87 triliun.

Baca: Dul Jaelani Sebut Maia Estianty Singgung Soal Mulan Jameela Kala Umrah Bareng Al Ghazali

Baca: KalselPedia - Lapangan Pahlawan Amuntai, Ada Odong-odong hingga Alat Fitness

Baca: Respons Ganjar Pranowo Atas Pernyataan Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Luas Dari Malaysia

Baca: Beredar Link Video Mesum Pemuda Mojokerto Usai Foto dan Video Mesum Vanessa Angel Prostitusi Online

Baca: Beda dengan Vanessa Angel, Robby Abbas Sebut Ada Artis Terlibat Prostitusi Online Nikahi Kliennya

Namun sebagai konsekuensinya, pemerintah harus memangkas rencana anggaran dana desa yang tadinya Rp73 triliun menjadi Rp70 triliun saja di tahun ini.

"Dana kelurahan Banjarbaru yakni sebesar Rp 7,4 milyar untuk 20 kelurahan. Penyalurannya dua tahap," ucap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banjarbaru Jainudin, Jumat (18/1).

Lurah Guntung Paikat, Taufik mengatakan dana kelurahan akan dimanfaatkan sesuai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaannya agar bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat.

"Sebaiknya jika boleh, usul pada draft peraturannya Dana kelurahan berada di instansi teknis kelurahan hanya memfasilitasi usul dari warga melalui berita acara musyarawah warga lingkup RT/RW, dimana hasil berita acara musyawarah tersebut bisa ditindalanjuti instansi teknis agar lebih efektif dan efisien. Dana kegiatan yang diusulkan ya berasal dari alokasi dana kelurahan tersebut," bebernya.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya berharap kelurahan bisa responsif terhadap permasalahan yang ada.

"Pesannya jangan sampai ada penyimpangan. Dana ini amanah," imbaunya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved