Berita Hulu Sungai Tengah

Danramil Barabai Pelopori Pembersihan Sampah Sungai Pascasungai Benawa Meluap

Pasca meluapnya sungai Benawa beberapa hari lalu, yang membuat sejumlah desa di Kecamatan tersebut terendam, juga menimbulkan dampak terhadap sungai

Danramil Barabai Pelopori Pembersihan Sampah Sungai Pascasungai Benawa Meluap
banjarmasinpost.co.id/hanani
Gotong royong anggota Koramil Barabai, BPBD dan masyarakat Kelurahan Bukat membersihkan sdampah bambu di sungai Barabai, Jumat (18/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pasca meluapnya sungai Benawa beberapa hari lalu, yang membuat sejumlah desa di Kecamatan tersebut terendam, juga menimbulkan dampak terhadap sungai Barabai, yang berhulu di Kecamatan Hantakan dan Batubenawa.

Sejumlah titik sungai Barabai pun menerima limpahan raba (sampah), khususbya dari rumpun bambu yang sempat nyangkut di Desa Bhakti, Banewa.‎

Selain sampah Rumpun Bambu, juga sampah rumah tangga serta jenis kayu-kayuan, ikut larut terbawa arus ke sungai Barabai.

Mengantisipasi terganggunya aliran air ke kanal banjir, Danramil Barabai 1002-06 Barabai, KApten M Alip Soruso mempelopori gerakan pembersihan sampah sungai tersebut bersama anggota Koramil.

Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Taruna Siaga Bencana HST, Alip dan anggotaya masyarakat melakukan gotong royong membersihkan sampah sungai tersebut.

Salah satu titik lokasinya, ada di Kelurahan Bukat, Kecamatan Barabai.

Baca: Buka-bukaan Andi Soraya soal Perlakuan Gading Marten pada Gempita, Anak Gisella Anastasia

Baca: Alvin Faiz Ungkap Kondisi Terkini Ustadz Arifin Ilham, Sudah Diperbolehkan Pulang dari Malaysia

Baca: Hilda Vitria Berikan Billy Syahputra Hadiah Ulang Tahun Harga 15 Juta Usai Kehabisan Uang di Jepang

Baca: Ahok Akan Menikah 15 Februari Nanti, Ini 4 Fakta Perkenalan dengan Bripda Puput Nastiti Devi

Baca: TERBARU Kasus Prostitusi Artis, Polda Jatim Panggil 5 Artis, Cuma Fatya Ginanjarsari yang Mau Datang

M Alip yang juga koordinator lapangan menyatakan, selain melibatkan masyarakat dan BPBD, pihaknya juga mengerahkan seluruh anggota Koramil Barabai.

"Tujuannya, mencegah terganggunya aliran sungai, hingga menciptakan aliran sungai yang bersih dari sampah. Jika aliran air sungai lancar dan normal, otomatis jika debet air di daerah atas (pegunungan Meratus) tinggi, akan cepat turun ke daerah penampungan air setelah melewati kanal banjir,"kata Alip.

Disebutkan, selain membersihkan aliran sungai, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat, khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai, untuk tak membuang sampah secara sembarangan.

"Sebab, jika sampah terus_terusan dibuang ke sungai, lalu terakumulasi hingga menumpuk, aliran sungai terganggu. Dampaknya banjir, yang berakibat luas tak hanya terendamnya tempat tinggal. Tapi juga terbatasnya aktivitas hingga berdampak pada perekonomian masyarakat,"kata Alip.

Kesadaran menjaga kebersihan, kata danramil, harus dimiliki masyarakat HST, agar bencana banjir yang selama ini"menyapa" warga tiap tahun, bisa di cegah atau diminimalkan dengan menjaga daerah aliran sungai.

"Jika sungainya sehat, tak hanya meminimalkan risiko banjir, tapi juga membuat air sungai lebih sehat digunakan PDAM sebagai bahan baku air bersih,"pungkasnya.

Sementara, Muliadi, salah satu warga Bukat mengatakan, sungai Barabai sering menerima limpahan sampah dfari daerah atas, tiap kali sungai Benawa meluap.

"Sebaiknya sebelum airnya surut, sampahya memang harus dibersihkan,"ungkapnya.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved