Berita Banjarmasin

Dinas PUPR Kota Banjarmasin Pastikan Keruk Sungai Guring Tahun Ini

Dinas PUPR Kota Banjarmasin Pastikan Keruk Sungai Guring Tahun Ini. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin

Dinas PUPR Kota Banjarmasin Pastikan Keruk Sungai Guring Tahun Ini
banjarmasinpost.co.id/EDI NUGROHO
Air setiap hari selalu menggenangi Jalan Prona 1 Depan Pasar Gawi Manuntung RT 16, 17, 18 Kelurahan Pemurus Baru Banjarmasin Selatan. Kawasan rumah-rumah penduduk di sekitar juga tergenang air. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, memastikan akan mengeruk Sungai Guring tahun 2019 ini.

Rencana pengerukan Sungai Guring ini mengusul luapan air sungai guring yang selalu membuat genangan Jalan Prona 1 Depan Pasar Gawi Manuntung RT 16, 17, 18 Kelurahan Pemurus Baru Banjarmasin Selatan.

“Sungai guring sudah kita lakukan pengerukan atau normalisasi pada tahun 2018 silam... Insya Allah untuk memperlancar alirannya tahun depan akan kita teruskan pengerukan kearah Sungai Pekapuran yang muaranya di Sungai Martapura,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo, Jumat (18/1/19).

Lurah Pemurus Baru Banjarmasin Selatan, M. Syarmani, saat dikonfirmasi membenarkan kondisi genangan air Jalan Prona 1 Depan Pasar Gawi Manuntung RT 16, 17, 18 kelurahan Pemurus Baru Banjarmasin Selatan sangat parah.

Baca: Kubu Prabowo Subianto Nilai Debat Perdana Pilpres 2019 Jokowi & Prabowo Bak Sayur Kurang Garam

Baca: Jelang Piala AFF U-22 2019: Indra Sjafri Bakal Kembalikan Pemain ke Klub, Pastikan Skuat Timnas U-22

Baca: Sosok Pengacara Kondang dan Pakar IT Bantu Selebgram Banua yang Kehilangan 367 Ribu Followers

Baca: Walhi Kalsel Soroti Danau Bekas Galian Tambang, Kisworo : Ada Kewajiban Perusahaan yang Belum Tuntas

“Kalau hujan lebat, genangan airnya mencapai 50 cm atau setengah meter. Ini bagaimana. Kita juga bingung,” kata Sarmani.

Ditambahkannya, pihak Kelurahan Pemurus Baru sudah mengusulkan peninggian Jalan Prona I sejak 2017 silam melalui program musyararah pembangunan (musrembang). Namun, pada tahun anggaran 2018 ini belum juga terealisasi untuk peninggian jalan Prona I.

“Saat ini kondisi jalan itu lebih rendah dari permukaan Sungai Guring sehingga air selalu meluap ke jalan, “ katanya.

Menurut Sarmani, bisa dipastikan saat Sungai Guring meluap, maka Jalan Prona I yang merupakan akses menuju puskemas, Jalan Lingkar Dalam, masjid, Kantor Kelurahan Pemuris Baru hingga Pasar Gawi Manuntung akan terendam air.

“Luapan air sungai itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Kita pada musrembang 2019 ini akan kembali mengusulkan peninggian Jalan Prona I akan tidak menjadi langganan luapan air Sungai Guring,” katanya.

Baca: Trik Raffi Ahmad Agar Nagita Slavina Tetap Percaya Meski Sering Digosipkan Selingkuh

Baca: Batas Waktu & Kawasan Steril Alat Peraga Kampanye Saat Haul Guru Sekumpul Ditetapkan

Sarmani mengharapkan Jalan Prona I juga dibuatkan drainase sehingga jalan tidak terendam air setiap saat ini seperti ini. Beberapa waktu lalu, sudah ada anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Komisi III melihat kondisi luapan air sungai di Jalan Prona I, tapi sampai sekarang juga tidak ada realisasi peninggian jalan.

“Waktu itu anggota Komisi III DPRD Banjarmasin berjanji akan memperjuangkan peninggian Jalan Prona I,” katanya.

(banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved