Berita HSU

NEWS VIDEO : Terbawa Arus Sungai Sampah Menumpuk Di Bawah Jembatan Paliwara Amuntai

NEWS VIDEO : Terbawa Arus Sungai Sampah Menumpuk Di Bawah Jembatan Paliwara Amuntai

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Debit air sungai Negara beberapa hari terakhir sempat mengalami peningkatan. Sungai negara merupakan persatuan aliran dari sungai Tabalong dan Balangan.

Berbagai macam sampah pun juga ikut terbawa arus sungai hingga menyebabkan penumpukan sampah di bawah jembatan Paliwara Amuntai Kecamatan Amuntai Tengah, Jumat (18/01/2019).

Sampah rumah tangga dan sampah ranting menumpuk karena tersangkut oleh tiang jembatan. Sampah tersebut terbawa air, selain sampah rumah tangga juga banyak sampah bambu.

Jika dibiarkan menumpuk maka akan membahayakan rumah warga disekitar sungai. Karena sampah batang bambu dan ranting dapat mengenai tiang rumah yang dibangun dipinggir sungai.

Baca: Kronologi Penangkapan 2 Warga di Pekapuran Raya Karena Terlibat Peredaran Narkoba

Baca: Reaksi Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Ditanya Kesabaran Jokowi Atas Hujatan Debat Capres

Baca: Ifan Seventeen Hampir Ucapkan Kalimat Suci Ini Saat Tsunami Banten, Mengira Kiamat Terjadi

Seperti yang diungkapkan Nina warga Kelurahan Paliwara yang tinggar di pinggiran sungai Negara. Bagian dapur dari rumahnya memang berada dipinggir sungai. Saat air sungai dalam bahkan sering banjir di bagian dapur.

"Khawatir juga jika air sungai meluap dan banyak sampah, jika menabrak tiang dapur bisa roboh," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) HSU Rusnaidy mengatakan pihaknya bekerjasama dengan dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Perhubungan untuk bisa sama sama menjaga kebersihan sungai.

Baca: Ahok Minta Dipanggil BTP Sebelum Kabar Rencana Menikah 15 Februari Nanti, dengan Bripda Puput?

Baca: Link Foto & Video Syur Vanessa Angel Kian Tersebar, Cek Rahasia Robby Abbas Soal Prostitusi Artis

Biasanya jika ada sampah yang menumpuk dibawah jembatan akan dibersihkan dengan mengangkat ke tepi untuk sampah yang kecil sedangkan sampah yang besar dan tidak memungkinkan untuk diangkat maka akan dialirkan.

Untuk mengurangi adanya sampah di sungai memang merupakan tugas dari seluruh pihak termasuk kerjasama dengan masyarakat untuk menyadari untuk tidak membuang sampah di sungai.

(banjarmasinpost.co.id /Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved