Bertakwa

Tingkatkan Mutu Guru Daerah

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara adakan Audiensi dan Sosialisasi Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru di Daerah

Tingkatkan Mutu Guru Daerah
istimewa
Pada kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, Ketua DPRD HSU, Kepala Kejaksaan Negeri HSU, Kapolres HSU, Kementerian Agama HSU, Kepala Dinas Pendidikan HSU dan Kepala Sekolah Pendidik Se Kabupaten HSU. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara adakan Audiensi dan Sosialisasi Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru di Daerah yang dilaksanakan di Mess Negara Dipa, Kamis (17/01/2019).

Pada kegiatan ini dihadiri langsung oleh Staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, Ketua DPRD HSU, Kepala Kejaksaan Negeri HSU, Kapolres HSU, Kementerian Agama HSU, Kepala Dinas Pendidikan HSU dan Kepala Sekolah Pendidik Se Kabupaten HSU.

Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP dalam sambutannya menyampaikan pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama.

Peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Hj Himmatul Hasanah, MP menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI memiliki misi strategis bagi daerah.

Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan H. Rahmat membacakan sambutan tertulis Bupati HSU H. Abdul Wahid Hk atas nama Pemerintah menyambut baik dan ucapan terimakasih atas kehadirian Jajaran Staf ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj. Himmatul Hasanah.

Bupati HSU dalam sambutannya menyebutkan bahwa Guru memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan.

"Guru juga sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas, serta berperan sebagai model bagi peserta didik."Ungkapnya

Tugas utama guru adalah mengembangkan potensi siswa secara maksimal lewat penyajian mata pelajaran.

Setiap mata pelajaran, dibalik materi yang dapat disajikan secara jelas, memiliki nilai dan karakteristik tertentu yang mendasari materi itu sendiri.

"Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, misalnya pengembangan kurikulum nasional dan lokal, peningkatan kompetensi guru (SDM) melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan manajemen sekolah, hingga dibentuknya sekolah unggulan." Ungkap Wahid.

Selanjutnya foto bersama dan juga Penyerahan Cendramata dari Bupati HSU kepada Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved