Berita Jakarta

Baru Sebulan Diresmikan Jokowi, Tol Pemalang-Batang Sudah Retak Parah, Begini Kronologinya

Tol Pemalang-Batang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Desember 2018, retak. Saat ini, perbaikan tol tersebut masih dilakukan.

Baru Sebulan Diresmikan Jokowi, Tol Pemalang-Batang Sudah Retak Parah, Begini Kronologinya
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Sebuah kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di KM 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). Jalan retak sepanjang 50 meter tersebut akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Tol Pemalang-Batang yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Desember 2018, retak. Saat ini, perbaikan tol tersebut masih dilakukan.

Direktur Utama Pemalang Batang Toll Road Supriyono menjelaskan, kerusakan terjadi pada Rabu (16/1/2019) lalu. Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi saat itu menjadi penyebab retaknya jalan tersebut.

"Terjadinya gerusan pada slope jalan tol diakibatkan karena gerusan air yang meluap dari saluran akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari," kata Supriyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (18/1/2019) malam.

Adapun peristiwa itu terjadi pada jalur A atau jalur yang menuju Batang di KM 321, Desa Kalangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Baca: Pernah Jadi Pacar Reino Barack, Sandra Dewi Ungkap Alasan Pacaran dan Nikah Diam-Diam Harvey Moeis

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Malam Ini di RCTI & MNC TV, Derby London Arsenal vs Chelsea

Baca: Kasus Narkoba Terpopuler Sepekan, dari Jaringan Banjarmasin, Aris Idol hingga Asisten Ivan Gunawan

"Perbaikan sementara telah dilakukan untuk mengamankan pengguna jalan tol dan jalan warga Desa Kalangdepok akibat peristiwa tersebut," kata dia.

Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu sebelumnya membantah, bila keretakan yang terjadi cukup panjang hingga 20 meter seperti diwartakan sejumlah media.

"Yang rusak hanya tiga meter, bukan 20 meter seperti diberitakan," kata Alex.

Tol Pemalang-Batang dirancang sepanjang 39,2 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,5 triliun. Tol ini terdiri atas dua seksi.

Seksi 1 memiliki panjang 23,3 kilometer, sedangkan Seksi 2 Pekalongan-Batang memiliki panjang 15,9 kilometer.

Berita Ini Juga Ada di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved