Berita Tapin

Angin Kencang di Tapin, Dua Pohon Tumbang Jaringan Listrik di Desa Hiyung Sempat Padam

Sebagian wilayah Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan dilanda hujan deras dan angin kencang sejak pukul 14.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita.

Angin Kencang di Tapin, Dua Pohon Tumbang Jaringan Listrik di Desa Hiyung Sempat Padam
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Angin kencang, Minggu (20/1/2019) sekitar pukul 15.13 Wita melanda Tapin. Pohon tumbang di wilayah Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Sebagian wilayah Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan dilanda hujan deras dan angin kencang sejak pukul 14.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita.

Akibat cuaca buruk disertai angin kencang, dua pohon tumbang di dua tempat terpisah. Sekitar pukul 15.13 Wita, pohon tumbang di wilayah Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah.

Dampak dari pohon tumbang itu, warga di Desa Hiyung khawatir terjadi pemadaman listrik. Sebab, pohon tumbang itu menimpa kabel listrik yang tersambung ke rumah warga.

Sekretaris Desa Hiyung, Junaidi dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Minggu (20/1/2019) membenarkan wilayah desanya dilanda hujan deras dan angin kencang.

"Sudah berhasil diatasi, kami memanggil petugas PLN Rayon Rantau untuk membenahi kabel listrik dan pohon tumbang kami dan masyarakat gotong royong," katanya.

Baca: Penyebab Istri Ustadz Maulana, Hajjah Aliyah Meninggal Dunia, Sempat Pindah-pindah Rumah Sakit

Baca: Ahok dan Bripda Puput Disebut-sebut Mau Menikah, Ayahanda Puput Buka-bukaan Soal Kelakuan Anaknya

Diakui Junaidi, akibat pohon tumbang itu, jaringan listrik di desanya terdampak padam total akibat tumbangnya pohon tersebut.

"Rumah Amat itu hampir lepas kilometer lampunya akibat kabelnya ditimpa pohon tumbang," ujar Junaidi.

Pohon tumbang juga sempat memutus akses lalulintas warga dan karyawan pertambangan batu bara di Desa Ayunan Papan, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin.

Sarjaya, Kepala Desa Ayunan Papan mengaku peristiwa pohon tumbang itu diketahuinya dari media sosial jejaring facebook di handphone istrinya.

"Saya dan keluarga sedang berada di rumah sakit Kandangan karena orangtua sedang dirawat inap. Beruntungnya pohon tumbang itu tidak jatuh menimpa kabel listrik dan tidak ada warga yang melintas," katanya.

Menurut Sarjaya, akses jalan yang ditutupi pohon tumbang itu satunya-satunya akses menuju Kecamatan Piani.

Bersyukurnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin langsung tanggap melakukan proses evakuasi pohon tumbang, jelasnya.

"Pohon tumbang itu memang rencananya akan kami tebang karena akarnya kurang kuat. Sudah rapuh. Belum sempat ditebang dirobohkan angin kencang," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved