Bumi Antaluddin

Jalan Sehat Sambil Baputik Ratik di Kandangan HSS

Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan jalan sehat sekaligus melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan Kota Kandangan.

Jalan Sehat Sambil Baputik Ratik di Kandangan HSS
HO/Dinas Kominfo HSS
Wakil Bupati HSS dan sejumlah pejabat memungut sampah 

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Jalan sehat baputik ratik (Jalan sehat sambil mengumpulkan sampah) digelar Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui ‎Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) ‎Kabupaten HSS, Minggu, (20/1/2019).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Asryad sekaligus melepas para peserta jalan sehat baputik ratik.

Pelepasan para peserta ditandai dengan pengibaran bendera oleh Wakil Bupati HSS, didamping Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto dan Waka Polres HSS Kompol Arif Himawan.

Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan jalan sehat sekaligus melakukan aksi bersih-bersih sampah di kawasan Kota Kandangan.

Wakil Bupati HSS mengebarkan bendera melepas peserta jalan sehat sambil baputik ratik.
Wakil Bupati HSS mengebarkan bendera melepas peserta jalan sehat sambil baputik ratik. (HO/Dinas Kominfo HSS)

Jalan sehat baputik ratik ini digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk kesadaran serta budaya hidup bersih dan sehat.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengatakan sebuah inovasi baru yang dilakukan dimana kegiatan Jalan Santai dipadukan dengan kegiatan mengumpulkan sampah.

Adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat yang biasa buang sampah sembarangan akan merasa malu karena harus orang lain yang membersihkannya.

"Kami juga berharap masyarakat terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya. Kalau ada sampah-sampah yang berserakan, diharapkan warga akan peduli untuk memungutnya dan dibuang sesuai dengan tempatnya. Sehingga kota kita benar-benar bersih dari sampah" katanya.

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat bisa terlebih dahulu memilih dan menyortir sampah yang mana bisa di daur ulang.

Ke‎pala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten HSS HM Saputra menuturkan jalan sehat sambil mengumpulkan sampah itu digelar dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pentingnya kebersihan lingkungan.

Suasana jalan sehat sambil memungut sampah
Suasana jalan sehat sambil memungut sampah (HO/Dinas Kominfo HSS)

“Masyarakat harus menyayangi sampah, dengan cara tidak membuang sembarangan. Sampah-sampai harus dibuang dengan cara memilahnya terlebih dahulu, melalui bank sampah hingga kepembuangan sampah akhir," jelasnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan jalan santai sambil mengumpulkan sampah itu bisa mengubah pola pikir masyarakat dan tidak lagi membuang sampah sembarangan. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved