Berita Tanahbumbu

9 Bulan Mengkrak di 2018, Suhartomo Targetkan Pembangunan Lapas Tanahbumbu Selesai 2020

Untuk 2018, selama sembilan bulan tidak ada kegiatan pekerjaan pembangunan fisik, kecuali pekerjaan pembambahan waktu pelaksanaan tahun 2017.

9 Bulan Mengkrak di 2018, Suhartomo Targetkan Pembangunan Lapas Tanahbumbu Selesai 2020
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Pembangunan Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Tanahbumbu terus dikerjakan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Upaya percepatan pengoptimalan layanan untuk keamanan dan kenyamanan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotabaru, dipastikan terlambat hingga 2020 mendatang.

Memberikan pelayanan kenyamanan sesuai kapasitas Lapas Kotabaru yang hanya bisa menampung 180 warga binaan, dengan membangunan Lapas di Kabupaten Tanahbumbu bakal molor karena kendala pelaksanaan pekerjaan.

Untuk 2018, selama sembilan bulan tidak ada kegiatan pekerjaan pembangunan fisik, kecuali pekerjaan pembambahan waktu pelaksanaan tahun 2017.

"2018 tidak ada pekerjaan. Tapi hanya penambahan waktu dari pekerjaan tahun 2017. Penambahan sampai bulan Maret 2018," jelas Kepala Lapas Kelas II B Kotabaru Suhartomo kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (21/1/2019).

Baca: Sule Dikabarkan Bakal Nikahi Naomi Zaskia, Ayah Rizky Febian Ungkap 5 Hal Mistis pada Raditya Dika

Baca: Ahok dan Bripda Puput Disebut-sebut Mau Menikah, Ayahanda Puput Buka-bukaan Soal Kelakuan Anaknya

Baca: Kekecewaan Raffi Ahmad pada Engku Emran Diungkap ke Laudya Cynthia Bella, Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut Suhartomo, untuk pelaksanaan pekerjaan tahun 2017 diberikan penambahan waktu kepada kontraktor karena kegiatan dilaksanakan sesuai kontrak tidak memehui target progres diharapkan.

"Sesuai ketentuan aturan kontrak kami putus. Kontraktor pelaksana di blacklist. Kegiatan tahun 2017 anggaran sebesar Rp 12 miliar," kata Suhartomo melalui telepon genggamnya.

Ditambahkan Suhartomo, pelaksanaan pembangunan Lapas di Tanahbumbu dilanjutkan tahun 2019 dengan anggaran lebih kurang Rp 15 miliar.

"Untuk pekerjaan tahun 2019 sekarang sudah proses lelang," tambah Suhartomo kepada banjarmasinpost.co.id.

Meski demikian, pembangunan Lapas di Desa Saring Sungi Bubu, Tanahbumbu terus berproses. Masih menurut Suhartomo, ia tetap mengharapkan pembangunan yang didampingi TP4D dan BPKP itu sudah rampung pada 2020.

"Target dan harapan saya tahun 2020 sudah selesai pembangunan Lapas di Tanahbumbu," ucapnya.

Sebagai bentuk komitmen instansi di bawah Kementerian Hukum dan HAM tersebut dalam memberikan pelayanan optimal kepada warga binaan.

Baca: Cerita Mistis Gua Liang Bangkai Mentewe Tanahbumbu, Ini Penuturan Sekdes Dukuh Rejo

Baca: Sering Ada Penampakan Sosok Perempuan di Gua Putri Gua Liang Bangkai, Ini Ceritanya

Baca: Ini Firasat Sebelum Istri Ustadz Maulana Meninggal Dunia, Chacha Federica Ingat Bahasan Kematian?

Khususnya warga binaan di Lapas Kotabaru, selama ini pelayanan keamanan terlebin untuk kenyamanan masih jauh dari optimal. Lantaran overkapasitas yang terus terjadi.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), Lapas Kotabaru idealnya hanya menampung 180 orang warga binaan. Namun fakta yang terjadi, beberapa kali lipat dari jumlah ideal.

Berdasar catatan pihak Lapas, Saat ini Lapas Kotabaru masih mengalami overkapasitas karena di tempati lebih kurang 870 orang warga binaan.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved