Bumi Sanggam

Balangan Green Leader Kembali Gelar Eco Youth Camp 2. Ini Tujuannya

Balangan Green Leader, yang merupakan kumpulan orang-orang yang pernah belajar tentang 7 kesadaran dan hidup ekologis di Eco Camp Bandung

Balangan Green Leader Kembali Gelar Eco Youth Camp 2. Ini Tujuannya
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Balangan Green Leader, yang merupakan kumpulan orang-orang yang pernah belajar tentang 7 kesadaran dan hidup ekologis di Eco Camp Bandung, kembai menggelar Eco Youth Camp. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Balangan Green Leader, yang merupakan kumpulan orang-orang yang pernah belajar tentang 7 kesadaran dan hidup ekologis di Eco Camp Bandung, kembai menggelar Eco Youth Camp.

Di kegiatan pertama tahun 2017 lalu dilakukan dengan melibatkan puluhan pelajar se Kabupaten Balangan.

Sedangkan yang kedua ini dengan melibatkan para guru dari jenjang SD, SMP dan SMA se Kabupaten Balangan yang sudah lulus seleksi administrasi dan menulis esay.

Nasdianur Irawan selaku Ketua Panitia Pelaksana, Senin (21/1/2019) mengatakan, kegiatan Eco Youth Camp 2 Balangan dengan tema menjadi sahabat alam kali ini, merupakan kegiatan Eco Youth Camp angkatan kedua di Kabupaten Balangan.

"Kegiatan dengan pelibatan para guru ini diharapkan proses pengimbasan segala ilmu dan kebaikan yang didapat akan lebih besar dan lebih cepat baik kepada siswa, kepada keluarga besar di sekolah masing-masing maupun komunitas," ujar Nasdi.

Lebih lanjut, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam sejak tanggal 18 s/d 20 Januari 2019 di wisma Manyandar dan beberapa titik alam terbuka di seputaran Paringin ini memang lebih cepat dari pada kegiatan aslinya di Eco Camp Bandung selama 11 hari.

Tetapi dengan tanpa mengurangi makna dan tujuan, kegiatan Eco Youth Camp Balangan 2 ini tetap mempunyai konsep dan kegiatan yang hampir sama dengan di Eco Camp Bandung termasuk pemateri yang didatangkan dari Eco Camp Bandung yang berasal dari Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup Indonesia, yakni Dr. Ferri SW dan Sovia, seorang Ksatria Shambala Sarjana Fisika.

"Adapun kegiatan yang diberikan untuk peserta yang dikarantina ini dimulai dengan upacara penyambutan berupa "tea ceremony" yang sarat dengan makna dan inspirasi, membumi, duduk hening dan earth care," katanya.

Acara pembukaan sebelumnya dilakukan oleh Bupati Balangan yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Sosial Kemasyarakatan dan dihadiri oleh kepala Dinas LH Kabupaten Balangan, perwakilan dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, satpol PP Balangan dan PT.Adaro Indonesia yang merupakan sponsor utama kegiatan mulai dari Eco Youth Camp 1 dan 2 Balangan dan juga pengiriman peserta di eco camp Bandung bersama Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Adapun materi yang disampaikan berupa 7 kesadaran hidup ekologis, ATD, masa depan pangan, pengolahan sampah organik, merencakan, membuat dan berkomitmen dengan visi.

"Kegiatan yang tidak kalah menarik lainnya berupa selama kegiatan para peserta wajib bawa botol minum sendiri, menu makanan yang fleksitarian, yang merupakan salah satu cabang dari vegetarian dan kegiatan berupa alumni berbagi yang merupakan sharing informasi apa yang sudah dikerjakan oleh para alumni eco camp Bandung dari angkatan pertama sampai dengan angkatan terakhir, yakni angkatan keempat tahun 2018," jelasnya.

Selain itu lanjutnya, para peserta juga mendapatkan kelas berbagi yang diisi seorang warga banua yang sudah melakukan karya nyata terhadap lingkungan terutama pengenalan dan pelestarian buah hutan Kalimantan dan sudah mendapatkan berbagai penghargaan seperti "Satu Indoneisa Award dengan penyelenggara Astra Internasional dan Pena Hijau dengan penyelenggara wartawan Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini nantinya diharapkan akan melahirkan orang-orang yang tidak menunjuk orang atau pihak lain yang selalu salah dan bertanggungjawab terhadap kerusakan bumi dan lingkungan, tetapi mulai menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kebaikan, bisa saling berbagi dan berkolaborasi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian pada sesama dan untuk hidup berdampingan, merawat dan berguru pada bumi," tutupnya.(aol/*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved