Tajuk

Cerdas Melindungi Akun

KETIKA setiap orang punya akses internet, dan gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup, maka aktivitas sosial sudah menembus batasan ruang waktu.

Cerdas Melindungi Akun
kompas.com
sosial media 

BANJARMASINPOST.CO.ID - KETIKA setiap orang punya akses internet, dan gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup, maka aktivitas sosial sudah menembus batasan ruang waktu. Aktivitas komunitas atau interaksi sosial tidak lagi membutuhkan sebuah tempat secara fisik. Tapi sudah beralih ke jejaring sosial atau media sosial (medsos) dalam jaringan internet (media daring).

Di antara medsos yang popular semisal facebook, whastApp, Instagram, weChat, LINE. Setiap netizen yang bergabung dalam sebuah aplikasi media sosial, wajib terdaftar sebagai anggota yang biasa disebut akun.

Lewat akun medsos, seseorang atau kelompok, komunitas, organisasi lembaga, akan menunjukkan eksistensinya dengan berbagai cara dan ekspresi lewat postingan multimedia. Terlebih mereka yang membutuhkan media promotif, eksistensi dalam akun medsos akan menarik banyak follower hingga jutaan akun yang sangat menguntungkan pemilik akun bersangkutan karena mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Ketika terjadi demam medsos, banyak di antara pemilik akun yang malah lalai mengelola dan melindungi akunnya. Padahal, akun medsos menjadi target kejahatan siber dan tidak pernah aman dari target serangan hacker. Bahkan hacking akun medsos kini seolah lumrah. Apalagi pemilik akun merupakan publik figur, orang popular, selebritis.

Contohnya yang baru-baru ini terangkat, seorang selebgram Banjarmasin mendadak kehilangan ratusan ribu follower dalam akun instagramnya (Banjarmasin Post edisi 19 Januari 2019). Si pemilik akun jelas sangat dirugikan hingga mengambil langkah melaporkannya kepada pihak admin Instagram dan juga tim Cyber Crime Polda Kalsel.

Kejadian ini sudah seharusnya menjadi pelajaran bagi masyarakat pemilik akun medsos agar lebih cerdas dan hati-hati mengelola akun, aktif melindunginya secara kontinyu. Karena jika tidak, akun bisa ditembus hacker dan disalahgunakan.

Memproteksi akun dengan sistem pengamanan berlapis selain dari aplikasi medsos, merupakan langkah efektif membuat lebih kebal dari peretasan. Termasuk update software, menggunakan sandi unik dan kuat serta rutin memperbahuinya. Pemilik akun jangan hanya asyik larut posting konten, tapi juga dituntut harus selalu cerdas melindungi akunnya. (*)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved