Berita Kabupaten Banjar

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Banjar Rekrut Relawan Ini

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banjar menaruh harapan besar terhadap peningkatan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April mendatang.

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Banjar Rekrut Relawan Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
MUHAIMIN, ketua KPUD Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banjar menaruh harapan besar terhadap peningkatan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April mendatang.

"Target kami partisipasi pemilih setidaknya mencapai 75 persen, harus naik dibanding pemilu sebelumnya," ucap Ketua KPUD Banjar Muhaimin, Senin (21/01/2019).

Data pada KPUD Banjar, partisipasi pada pemilu terkini yakni pemilu gubernur dan pilbub Banjar tahun 2015 lalu yakni 61,89 persen. Lalu, pada pilpres 2014 partisipasi pemilih di Banjar 65, 87 persen dan pileg 2014 angkanya 74,41 persen.

Muhaimin menyebutkan jumlah sementara daftar pemilih tetap (DPT) Banjar saat ini sebanyak 414.549 orang. Diharapkan kelak semuanya menyalurkan hak pilih pada pemilu 17 April nanti.

Baca: Gerhana Bulan & Supermoon 2019 Malam Ini, Ustadz Abdul Somad Cerita Gerhana Zaman Rasulullah

Baca: Balasan Menohok Mulan Jameela Saat Cara Duduk Istri Ahmad Dhani Itu Dihujat Netizen

Baca: VIDEO TKA Korea Selatan Ditemukan Tewas Tergantung di Tabalong, Ada Pisau Berdarah di Kamar

Guna menaikkan angka partisipasi pemilih, KPUD Banjar terus mengintensifkan sosiisasi di seluruh starata masyarakat. Termasuk membentuk relawan demokrasi.

"Di Banjar jumlah relawan demokrasi sebanyak 55 orang dari sebelas entitas atau kelompok. Masing-masing lima orang," beber Azis, anggota KPUD Banjar.

Para relawan demokrasi tersebut telah dilantik pada Sabtu (19/01/2019) lalu di hotel berbintang di Banjarbaru. Sekaligus saat itu peserta menjalani bimbingan teknis tentang kepemiluan.

"Mereka bertugas selama tiga bulan. Pascadilantik hingga menjelang hari 'H' pencoblosan nanti, para relawan demokrasi itu membantu kami menyosialisasikan kepemiluan dengan harapan mampu meningkatkan partisipasi pemilih," ucap Muhaimin.

Pihaknya memberi keleluasaan bagi para relawan demokrasi dalam melaksanakan sosialisasi. Apakah dalam bentuk pelaksanaan kegiatan atau memanfaatkan pertemuan yang digelar oleh kelompok masyarakat.

"Bisa juga nanti bersama-sama kami melakukan sosialisasi. Nanti disesuaikan kondisinya. Terpenting adalah mencapai upaya efektif sehingga pesan yang kami sampaikan benar-benar dipahami oleh masyarakat tentang pentingnya penggunaaan hak suara," tandas Muhaimin.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved