Berita Kabupaten Banjar

Hijau Ranum Kebun Melati Bikin Nove Tersanjung, Ini yang Ia Rasakan

Hijau ranum hamparan kebun bunga melati (jasminum) di Desa Jingah Habangilir, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

Hijau Ranum Kebun Melati Bikin Nove Tersanjung, Ini yang Ia Rasakan
DINAS TPH BANJAR untuk banjarmasinpost.co.id
Inilah hamparan kebun bunga melat di Desa Jingah Habangilor yang ranum menghijau, memanjakan mata. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hijau ranum hamparan kebun bunga melati (jasminum) di Desa Jingah Habangilir, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel, benar-benar menyehatkan mata dan melegakan jiwa.

Perasaan itulah yang dirasakan Nove dan rekan-rekannya ketika bertandang ke kebun melati di desa tersebut. "Minggu (20/01/2019) pagi kemarin saya berkunjung ke sana, luar biasa," ucapnya, Senin (21/01/2019).

Ia menuturkan selepas adzan subuh berkumandang, warga di pedesaan itu bergegas menuju masjid dan musala terdekat. "Sungguh suasana yang jarang di temui di kota-kota besar," tandasnya.

Baca: Investor Lokal Ini Pentingkan Value Saham, Tidak Terpengaruh Aksi Beli Asing

Baca: Mantan Pacar Vanessa Angel, Mandala Shoji Dihukum 3 Bulan Penjara Usai Bagikan Kupon Umrah

Baca: TKA Korea Selatan Ditemukan Tewas Tergantung di Perumahan Mewah Tabalong, Korban Dikenal Ramah

Baik orangtua maupun kalangan muda, lanjut Nove, berduyun-duyun lengkap dengan perbekalan salat menuju masjid maupun musala. Pemandangan yang sangat indah baginya, apalagi kala itu di ufuk timur terlihat awan memerah bercampur putih temaram.

Selepas salat berjemaah, bebernya, sebagian ibu-ibu dan remaja putri bersiap menuju perkebunan melati. Sambil bercanda gurau mereka berombongan berjalan kaki kurang lebih 500 meter dari rumah mereka.

Ada pula yang menggunakan sepeda kaki dan motor. "Sungguh asyik pemandangan pagi itu. Pantas saja ibu-ibu dan remaja putri di Jingah Habangilir dan Labuantabu selalu sehat dan fisik tetap prima. Tanpa disadari, mereka telah melakukan olahraga jogging secara rutin," kata Nove.

Minggu pagi itu, jelasnya, rombongan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar ikut berkunjung dan berwisata petik bunga melati di Jingah Habangilir. Termasuk dirinya.

Semuanya terpuaskan, sambil menikmati udara segar nuansa pedesaan. "Di tempat wisata ini kita bisa menikmati bunga warna putih menghampar di ujung dedaunan perkebunan melati milik H Abdul Muin," sebutnya.

Muin adalah pioneer pembudidaya nunga melati di Kabupaten Banjar. Saat ini luasan kebunnya mencapai tiga hektare.

Sebanyak 95 orang petani Banjar yang saat ini menggeluti usahatani kebun bunga melati. Mereka tersebar di lima desa yakNi Jingah Habangilir, Jingah Habangulu, dan Pandakdaun di Kecamatan Karangintan. Lau, di Desa Labuantabu dan Bincau di Kecamatan Martapura.

Data pada Dinas TPH Banjar, total luasan kebun melati saat ini 21,38 hektare dengan produksi 52,5 kilogram per hektare.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved