Berita Banjarbaru

Penumpang Harian Di Bandara Syamsudin Noor menurun di Januari, Rully Sebut Low Season

Data grafik dari penumpang datang maupun penumpang pesawat yang berangkat tiap hari menujukkan angka fluktuasi.

Penumpang Harian Di Bandara Syamsudin Noor menurun di Januari, Rully Sebut Low Season
Istimewa
Sejumlah penumpang pesawat Lion Air nomor penerbangan JT525 tujuan Jakarta hingga malam ini masih menunggu diterbangkan ke Jakarta, Kamis (24/8) malam. Padahal penerbangan dijadwalkan pada pukul 17.05 Wita. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Data grafik dari penumpang datang maupun penumpang pesawat yang berangkat tiap hari menujukkan angka fluktuasi. Jika di tanggal 1 hingga4 Januari di angka 8000 hingga 9000 penumpang.

Namun meningkat di tanggal 5 hingga 7 Januari 2019. Kemudian angka bergerak lagi turun dan stabil di angka 8000 hingga 9000 penumpang yang terekam di bandaya Syamyuddin Noor.

Menurut Manager Operasi Angkasa Pura 1 Syamsudin Noor, Rully Artha, Selasa (22/1) menjelaskan bahwa grafik di bulan Januari untuk penumpang datang maupun pergi yang melalui Bandara Syamsuddin Noor itu stabil diangka rendah sekitar 8000 hingga 9000 penumpang.

"Ya januari ini sebenarnya adalah Low Sesason, setelah natal dan tahun baru tahun lalu pun mengalami proses penurunan. Tapi perihal tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan harga tiket yang dijual oleh masakapai," kata Rully Artha.

Baca: Harga Tiket Penerbangan Domestik Masih Mahal, Maida Tunda Keberangkatan ke Jakarta

Baca: Barito Siap Turunkan Evan Dimas Saat Hadapi PSS Sleman di Babak 32 Besar Piala Indonesia

Baca: Tangis Aurel Hermansyah Usai Diusir Ashanty Buat Putri Sulung Krisdayanti dan Anang Ini Jera

Dijelaskan dia, tidak ada faktor lain selain low sesason yang menyebabkan angka penurunan dari harian saat ini. "Termasuk soal bagasi berbayar yang diterapkan oleh maskapai. Itu tidak mempengaruhi," tandasnya.

Disebutkan Rully Artha, low season itu adalah musim liburan yang sepi pengunjung. "Kalau adanya biasanya di Bulan Januari-Februari. Apabiali kita di Banjarmasin tidak terlalu memperingati natal tahun baru, termasuk di perayaan Imlek, di Imlek pun tidak ada tren naik. Kalau di bandara lain itu ada trend naik,. sekarang kondisi 8000-9000 an itu adalah hal masih wajar," kata dia.

Diketahui, mulai hari ini, maskapai Lion Air lakukan kebijakan baru untuk penerapan pembayaran bagasi. Penghapusan pemberian bagasi cuma-cuma kepada penumpang untuk rute seluruh domestikini pihak maskapai masih belum lakukan evaluai, sehingga masih belum diketahui apakah ada implikasi kepada penumpang semakin berkurang atau tidak.

"Ya kan masih belum jadi masih belum, jadi kita belum tau lagi kedepannya apakah ada penurunan atau tidak," kata dia.

Disinggung soal tahun baru turun jumlah penumpang, dijelaskan dia memang untuk Natal dan tahun baru (nataru) itu tergantung dari Sesi. "kalau seperti saat ini memang turun low sesason. Tapi kaitan dengan penerapan bagasi itu tidak berkaitan dengan turunnya penumpang di nataru," kata dia. (banjarmasinpost.co.id/Lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved