Berita Banjarmasin

KPU Provinsi Kalsel Tegaskan Pergeseran Ketua Tak Akan Ganggu Kinerja KPU Provinsi Kalsel

Pergantian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diputuskan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Kalsel

KPU Provinsi Kalsel Tegaskan Pergeseran Ketua Tak Akan Ganggu Kinerja KPU Provinsi Kalsel
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Edy Ariansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pergantian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diputuskan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Kalsel, Rabu (23/1/2019).

Ketua KPU Provinsi Kalsel sebelumnya Edy Ariansyah digantikan Sarmuji yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Kalsel.

Walaupun pergantian Ketua ini dilakukan di 83 hari sebelum gelaran Pemilu di Bulan April 2019, KPU Provinsi Kalsel optimis tak akan sebabkan kendala internal.

Ketua KPU Provinsi Kalsel yang baru, Sarmuji menjelaskan, pergeseran jabatan di internal KPU menurutnya justru dilakukan untuk meningkatkan kinerja KPU yang dinilai masih bisa dimaksimalkan.

"KPU RI ingin menguatkan di bidang partisipasi masyarakat (Parmas) dan sosialisasi. Pak Edy beberapa kali memang mengeluhkan soal Logistik ini bukan bidangnya. Karena kita untuk perkuat kompetensi divisi akhirnya rapat sepakat harus seperti itu (rotasi)," kata Sarmuji.

Baca: Banjir Sulsel, Data BNPB Delapan Tewas, Empat Hilang dan Ribuan Warga Mengungsi, Gowa Terparah

Baca: Hasil Akhir Barito Putera vs PSS Sleman Piala Indonesia: Skor 1-2, Debut Kurang Apik Evan Dimas

Baca: Tangis Aurel Hermansyah Usai Diusir Ashanty Buat Putri Sulung Krisdayanti dan Anang Ini Jera

Dinilai memiliki kompetensi yang baik sebagai pengajar dan aktif dalam sosialisasi Edy Ariansyah ditetapkan untuk menangani Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas KPU Provinsi Kalsel.

"Karena sesuai aturan Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas harus dipegang oleh anggota, jadi ada rolling ini," kata Sarmuji.

Sedangkan Sarmuji yang merupakan mantan Komisioner KPU Kabupaten Tapin dan dua periode menjadi Anggota Komisioner KPU Kalsel setuju diusulkan menjadi Kepala Divisi Keuangan, Umum dan Logistik (KUL) dan otomatis pula sebagai Ketua KPU Provinsi Kalsel.

Selanjutnya Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan yaitu Hatmiati juga dinilai miliki pengalaman di bidang tersebut saat menjadi Komisioner di KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Divisi Hukum dan Pengawasan dikepalai Nur Zazin yang juga berpengalaman di bidang tersebut selama menjadi Komisioner di KPU Kabupaten Kotabaru.

Termasuk juga Kepala Divisi Data dan Informasi yaitu Siswandi yang juga sudah berpengalaman selama menjadi bagian KPU Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

"Saya rasa tidak akan mengganggu, kita ini semua sudah alumni (KPU) Kabupaten/Kota semua, saya di Tapin dan dua kali di KPU Provinsi, sebetulnya menyesuaikan kompetensi saja adaptasi sudah lama jadi lebih untuk memaksimalkan peran masing-masing sesuai keahliannya," kata Sarmuji. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved