Berita Kabupaten Banjar

Pesawahan Kabupaten Banjar Tenggelam, Jalan Umum Menuju Ponpes Darusalam Martaputra Ikut Terendam

Tingginya intensitas curah selama dua hari sejak sejak Senin (21/01/2019) tak cuma menyebabkan persawahan di di sejumlah tempat di Kabupaten Banjar

Pesawahan Kabupaten Banjar Tenggelam, Jalan Umum Menuju Ponpes Darusalam Martaputra Ikut Terendam
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Beginilah kondisi Jalan P Abdurahman, Martapura, yang kebanjiran sejak awal pekan tadi. Hingga Rabu (23/01/2019) siang genangan air masih lumayan dalam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tingginya intensitas curah selama dua hari sejak sejak Senin (21/01/2019) tak cuma menyebabkan persawahan di di sejumlah tempat di Kabupaten Banjar tenggelam. Lebih dari itu air juga meluapi jalan umum dan permukiman hingga fasilitas umum seperti sekolah atau madrasah.

Jalan umum yang terluapi air di wilayah Kota Martapura setidaknya terjadi di Jalan P Abdurahman di lingkungan RT 3. Sepanjang puluhan meter jalan setempat tergenang sekitar 40 sentimeter. Meski tidak terlalu panjang, namun kondisi itu sangat menganggu aktivitas warga, apalagi jalan itu merupakan jalur perlintasan warga, termasuk bagi kalangan santri pondok pesantren serta madrasah lainnya.

Pantauan di lokasi, para pengendara terpaksa berjalan pelan dan ekstra hati-hati agar tidak slip dan air tak menyembur kepada pengendara lain dari arah berlawanan. Beberapa pelajar juga ada yang berjalan kaki melintasi genangan itu dengan melepas sepatu dan menyingsingkan celana.

Baca: Uang Jajan Putra Maia Estianty, Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terungkap, Sama dengan Ahmad Dhani?

Baca: Hasil Persija Jakarta vs Kepri Jaya Piala Indonesia : Skor Babak Pertama 5-0, Hat-trick Simic!

Baca: Hasil Barito Putera vs PSS Sleman Piala Indonesia, Skor Berubah Jadi 1-2, Gol Cepat Babak Kedua

Penuturan warga setempat, jalan itu tiap hari dilewati ribuan santri Ponpes Darussalam. Juga dilintasi pelajar di Madrasah Tsanawiyah/aliyah Al Amin. Di seberang madrasah setempat juga ada langgar (Darul Ihsan) yang tiap waktu salat banyak didatangi jemahaah terutama maghrib dan isya.

"Sudah tiga hari ini jalanan ini tergenang. Hari ini sudah agak mendingan, sudah turun sedikit dan sisa sekitar 40 sentimeter yang paling dalam," ucap Juki, warga RT 3 Jalan P Abdurahman, Martapura.

Keadaan itu diakuinya sangat mengganggu kegiatan atau aktivitas warga setempat, termasuk warga Martapura yang kerap melintasi jalan tersebut. Begitu halnya dirinya yang membuka usaha warung makanan dan minuman di tepi jalan setempat, juga merasakan dampaknya. Lantaran jalanan banjir sehingga pengunjung pun berkurang.

"Harapan kami semoga saja genangan airnya bisa lekas turun. Ya, mungkin juga pemerintah bisa melakukan sesuatu agar banjir ini bisa cepat diatasi. Soalnya sering kejadian banjir seperti ini," tandas Juki.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved